Zeilla Mutia Devi

MOUTON SLICE AND GRILL: BBQ NIGHT

/

Bandung memang selalu asyik untuk disambangi. Mulai dari makanannya yang juara, café nya yang unik-unik dan cuacanya yang adem. Bisa dibilang aku ke Bandung sebulan sekali untuk main atau berkunjung ke rumah saudara, tapi paling sering sih untuk main dan kulineran karena kuliner Bandung enak-enak sih.

Satu yang aku ingin kasih tau ke kamu adalah aku pecinta daging. Daging apapun itu, sapi, kambing, ayam, you name it. Jangan berharap aku pecinta makanan cantik ya, Yes! I am truly eater!

Baca juga: Berbuka Puasa Dengan Menu Spesial Di Gastromaquia

Kuliner Bandung kali ini, aku pergi ke salah satu tempat makan yang terkenal dengan menu dagingnya. Mouton Slice and Grill yang terletak di Jalan Gandapura No. 56, Sumur Bandung ini sudah lama jadi incaran aku.

Baca jugaSmall Talk with Collete & Lola

Mouton Slice and Grill-Tutorial Masak

Mouton buka menjelang malam, tepatnya di atas jam 18.00 WIB. Sewaktu aku tiba di sana, suasananya sudah mulai ramai karena memang jam makan malam. Untungnya, aku langsung dapat tempat duduk dan daftar menunya tanpa perlu antri, lucky me.

Menu andalan di Mouton adalah daging kambingnya, jadi aku langsung pesan menu Lamb Chop yang dagingnya sudah dimarinasi dan dipotong-potong terlebih dahulu. Pesanan ku ternyata sudah berikut nasi, padahal aku berencana tidak mau makan nasi malam itu.

Mouton Slice and Grill - Menu

Selain nasi, setiap pemesanan menu Lamb Chop di Mouton dilengkapi saus yang berupa bumbu kecap dan rempah bubuk. Aku lupa tanya apa nama bumbu itu tapi rasanya menyerupai bumbu khas timur tengah. Aromanya kencang banget, buat kamu yang ga terlalu suka rempah lebih baik pakai sedikit aja.

Baca jugaGood Food, Good View with The 3House

Jadi, cara makannya dimulai dengan membakar daging, setelah itu baru dicelup ke dalam bumbu. Tapi, aku tipe orang yang break the rules kalau bicara soal makanan. Akhirnya, aku celup dagingnya dulu ke bumbu baru setelahnya aku bakar. Sounds legit that way!

Mouton Slice and Grill - Lamb Chop

Aku pun coba pesan menu daging sapinya, Slow-Roasted Ribs. Jadi, ini adalah daging iga yang katanya sudah dimasak selama lima jam dengan cara dipanggang. Otomatis daging ini sudah matang, tinggal di-grill aja supaya dapat warna bakarannya. Aku suka yang agak gosong-gosong gitu biar ga bosen ngunyah.

Mouton---Slow-Roasted-Ribs

Untuk menu Slow Roasted Ribs dilengkapi saus BBQ dan garlic oil yang aku rasa cukup pas karena kedua saus itu ngasih rasa manis dan asin. Dagingnya udah pasti empuk banget! dan aku ga nyangka kalo akan segede gitu dagingnya. Sayangnya, kalau tanpa saus dagingnya ini terasa hambar. Biasanya menu daging seperti ini sudah enak tanpa dicocol saus, tapi mungkin Mouton Slice and Grill punya cara lain. Oh iya, semua daging di sini memang sudah dimasak setengah matang, jadi kamu ga perlu bakar lama-lama.

Baca jugaLittle Escape with Cimory Riverside

Menu skewers yang berupa sate ala BBQ juga menjadi menu yang paling sering dipesan sepenglihatan aku. Jadi, aku pesan dua porsi menu Mix Skewers yang satu porsinya berisi, dua daging ayam, satu gurita dan satu kulit ayam. Well, terjadi perang batin di sini! Haha. Jadi, awal tahun 2016 aku berencana untuk eat clean, salah satunya dengan ga mau makan kulit ayam lagi. Tapi, aku kepengen banget.

Baca juga: Clean Eating for Beginners

Mouton-Mix Skewers

Akhirnya, dengan alasan udah ga makan gorengan dan kulit ayam sejak bulan Januari, aku coba curang walaupun baru jalan tiga bulan haha. Dan emang kulit ayam di menu skewers ini enak banget, aku suka. Sementara untuk menu daging-dagingannya, menurut aku rasanya sih standar atau mungkin aku yang berekspektasi lebih dari daging ini. Beberapa potong daging Lamb Chop bahkan terasa banget aroma kambingnya and I felt not good.

Untungnya aku pesan air kelapa dingin, infused water dan jus buah naga. Jadi, aroma kambingnya bisa sedikit tertutupi deh.

Mouton Slice and Grill - Coconut Water

Mouton Slice and Grill-Infused Water

Tapi, keseluruhan Mouton bisa jadi kuliner Bandung yang asyik dikunjungi bersama teman. Lebih banyak teman lebih ramai dan lebih seru sih kayanya karena porsinya cukup besar dan menunya juga beragam. Menu skewers yang berupa sate ala BBQ juga menjadi menu yang paling sering dipesan sepenglihatan aku.

Aku pribadi suka dengan ambience di sana karena tempatnya terbuka dan banyak lampu serta food truck. Pulangnya, aku sempat take away menu chicken wings dari salah satu food truck di sana karena ternyata ini adalah tempat cuci mobil yang disulap menjadi tempat makan di malam hari. Suasana Bandung di malam hari ditambah lagi dengan aroma bakaran daging memang susah ditolak.

Apasih kuliner Bandung favorit kalian?

Taste : 4/5

Price : 4/5 Lamb Chop untuk porsi dua orang Rp 148K, Slow-Rosted Ribs untuk porsi empat orang Rp 249K dan Mix Skewers Rp 27.5K

Cleaness : 4/5

Ambiance : 5/5

p.s: rate ini berdasarkan opini aku yang tentunya bisa berbeda dengan pengunjung lain.