Zeilla Mutia Devi

4 WAYS TO CHOOSE THE RIGHT FOUNDATION FOR YOUR SKIN TONE

/

Foundation adalah tahap make up yang paling berpengaruh karena sifatnya sebagai dasar atau alas make up. Dengan menggunakan warna foundation yang tepat, warna kulit kamu bisa terlihat lebih merata bahkan noda hitam pun bisa tersamarkan. Cara memilih foundation dengan tepat sebenarnya mudah loh! Hanya saja dibutuhkan kejelian dan kesabaran ekstra.

Aku sering banget ngabisin waktu yang gak sebentar di make up counter, cuma buat nyoba shade dari beragam foundation supaya gak salah beli. Bahaya deh kalau ternyata warna yang aku pilih keterangan atau bahkan terlalu gelap. Imbasnya bisa merusak keseluruhan tampilan make up karena hasilnya bisa jadi belang antara kulit wajah dan leher.

Supaya gak salah beli, yuk ikutin tips dari aku. Gampang kok!

Baca juga: Review Bourjois Healthy Mix Serum

cara memilih foundation sesuai warna kulit

Apa Warna Dasar Kulit (Undertone) Kamu?
Pertama, penting banget untuk tahu dan paham apa warna dasar kulit kamu. Yang paling umum terdiri dari tiga macam: cool, warm dan neutral. Cara bedainnya cukup dengan melihat warna pembuluh darah kamu aja.
Cool: Pembuluh darah berwarana biru
Warm: Pembuluh darah berwarna hijau
Neutral: Pembuluh darah di antara kedua warna di atas

Untuk cool undertone artinya kamu memiliki kulit yang cenderung putih pucat dan cocok dengan warna foundation seperti ivory atau classic ivory. Sedangkan untuk neutral undertone kamu memiliki warna kulit kuning langsat dan cocok dengan warna in between cool or warm undertone. Sementara warm undertone artinya kamu memiliki warna kulit sawo matang dan cocok dengan warna foundation warm beige atau sand beige. Kebanyakan perempuan Indonesia berada di level neutral dan warm undertone.

Sekilas memang agak rumit menentukan undertone, tapi praktiknya gampang kok.

Warna Foundation Harus Satu Tingkat Lebih Gelap
Berbeda dengan concealer yang harus satu tingkat lebih terang dari warna kulit, foundation justru harus satu tingkat lebih gelap. Tujuannya supaya foundation bisa menyesuaikan dengan undertone kamu. Sehingga tampilannya tetap natural dan tidak seperti topeng. Perlu diingat ya, guna foundation bukan untuk mencerahkan atau mengubah warna kulit. Tapi, digunakan untuk menutupi imperfections. Jadi, sebisa mungkin pilih foundation yang mirip dengan warna kulit kamu ya.

cara memilih foundation sesuai jenis kulit

Coba Foundation di Area Rahang
Sebagian dari kamu pasti sering banget nyoba foundation di pergelangan tangan. Padahal, cara itu kurang tepat loh! Karena warna pada permukaan tangan tidak mirip dengan warna kulit wajah. Sebaiknya, kamu coba foundation di area rahang. Tujuannya agar warna foundation lebih mirip dengan warna leher kamu.

Diamkan Sesaat
Jangan buru-buru beli foundation setelah dicoba. Kamu harus tunggu minimal 15 menit untuk mendapatkan warna yang tepat. Soalnya, banyak foundation yang warnanya berubah sesaat setelah diaplikasikan pada kulit wajah misalnya lebih gelap atau biasa disebut teroksidasi. Kamu bisa jalan-jalan dulu atau mamam cantik selagi menunggu hasil warna foundation. Kalau warnanya ternyata berubah menjadi lebih gelap, kamu bisa pilih yang satu tingkat lebih terang.

cara memilih foundation yang tepat

Gimana? Gak ribet kan untuk dapet warna foundation yang tepat. Oh iya, kira-kira kamu punya tips lain gak? Leave a comment below ya ladies! 🙂

  • Zeilla, ini tips T.O.P B.G.T. Biasanya cari2 tips tentang foundation terlalu ribet dan kurang praktis. Ini sih ngejawab banget deh. Ijin share yaa cantik ^^

    • Hai Frida,
      Wah, senangnya tulisan ku berguna untuk orang lain hihi.
      Boleh banget mba, terima kasih yaaaa 🙂