Zeilla Mutia Devi

KENAPA HARUS DOUBLE CLEANSING?

/

Apakah kamu sudah melakukan double cleansing secara rutin? Atau mungkin belum tahu banyak soal ini? Tenang, di pembahasan kali ini aku akan menjelaskan beberapa poin penting terkait double cleansing yang menurutku berguna sekali untuk kamu ketahui.

Dulu aku pun sangat awam dengan istilah double cleansing. Aku baru benar-benar komit melakukan hal itu secara rutin dan tepat kira-kira delapan bulan yang lalu, tepatnya saat mulai membenahi basic skincare routine (baca lengkapnya di sini). Dalam kurun waktu tersebut, aku benar-benar merasakan perubahan wajah yang jauh lebih baik dari kondisi sebelumnya.

Baca juga: Skincare for beginners

Terkait postingan ini aku bukan ingin menggurui karena aku pun bukan ahli dalam bidang ini. Aku hanya ingin berbagi ilmu yang sudah ku dapat. Aku pernah berada di kondisi wajah paling buruk menurutku. Kusam, timbul jerawat dan bahkan pori-pori terlihat sangat besar. Aku sempat stres dan akhirnya mulai membenahi skincare regime ku. Tapi, tidak ada perubahan.

Akhirnya, aku melakukan tahap-tahap sederhana seperti rajin mencuci muka dan menjaga kebersihan. Salah satunya dengan berkomitmen melakukan double cleansing, gak peduli lagi semalas apa pun karena kunci utama perawatan wajah terletak pada tahap pembersihan yang maksimal.

Baca juga: Usia 20+ perlukah double toning?

Apa itu double cleansing?
Penggunaan dua produk berbeda untuk membersihkan wajah. Produk pertama untuk mengangkat kotoran di wajah seperti make up. Sedangkan, produk kedua untuk membersihkan kulit dan pori-pori secara lebih dalam dan menyeluruh.

Kapan perlu dilakukan double cleansing?
Biasanya dilakukan pada malam hari setelah seharian menggunakan make up atau produk kecantikan yang bersifat waterproof. Untuk pagi hari cukup bersihkan wajah dengan cleanser yang bertekstur gel atau lotion.

Kenapa perlu double cleansing?
Tahu gak sih salah satu penyebab clogged pores itu apa? Yap, itu karena kotoran seperti penumpukan sel kulit mati dan produksi minyak berlebih di kulit wajah kamu yang tidak terangkat secara sempurna. Hal itu akhirnya memicu rangkaian skincare tidak dapat terserap secara maksimal di kulit wajah.

Alhasil, timbulah blackhead atau whitehead di sekitar t-zone area jika kondisi clogged pores sudah semakin buruk.

Baca jugaPenyebab Breakout, Based On My Experience

So, membersihkan wajah sekali saja belum cukup. Apalagi jika kamu hanya mengandalkan facial foam yang sudah jelas tidak bisa mengangkat produk waterproof. Dengan melakukan double cleansing, setidaknya kotoran di wajah terutama sisa-sisa sunscreen bisa terangkat lebih sempurna sehingga kulit pun akan terlihat lebih cerah dan fresh.

Produk apa yang cocok digunakan sebagai first cleanser?
First cleanser harus benar-benar mampu mengangkat kotoran di wajah secara menyeluruh bahkan yang sifatnya waterproof. Kamu bisa coba cleanser yang bertekstur oil, balm, milk atau pun lotion yang jika dipijat akan berubah menjadi oil.

Produk apa yang cocok digunakan sebagai second cleanser?
Tugas utamanya adalah membersihkan kulit dari beragam sisa kotoran yang masih tersisa dari proses pembersihan tahap pertama sehingga dibutuhkan produk yang bisa membersihkan wajah secara sempurna. Tapi, pilihlah cleanser yang sifatnya lebih ringan ketimbang first cleanser, misalnya yang bertektur gel, lotion atau pun cream padat.

Bagaimana cara yang benar melakukan double cleansing?
Gunakan waslap dengan air hangat. Ingat ya! Ganti waslap setiap hari supaya tidak terjadi penumpukan bakteri.

Baca juga: DIY Solid Perfume with L’Occitane & Cosmo Club

Oh iya, satu hal lain yang perlu kamu catat adalah hindari foaming cleanser yang mengandung SLS (Sodium Lauryl Sulfate). Alasannya karena cleanser dengan kandungan SLS justru akan membuat kulit menjadi kering dan rentan iritasi. Walaupun membersihkan wajah dengan produk tersebut langsung memberikan efek segar dan kesat tapi itu justu membuat kulit menjadi sangat kering dan justru memicu masalah kulit wajah lainnya.

Disclaimer: This review is not sponsored. My reviews, opinions, and everything expressed here are truly honest and based on my experience with a product. What works on me, may not work for you.

Picture Source: https://intothegloss.com/

  • Tristina Annisadina

    Kak aku umur 18 tahun. Aku udah dari dulu double cleansing. Tapi aku bingung bener apa enggak urutannya. Jadi biasanya aku pake Milk Cleanser Viva, habis gitu cuci muka facial wash lalu pake toner. Apa itu udah bener? Aku masih bingung di second cleansernya..

    • Hai Tristina,
      Menurut ku udh bener kok karena yg terpenting menggunakan dua produk yang berbeda. Untuk jenisnya bisa disesuaikan lagi dengan kulit kamu.

      Untuk second cleanser disarankan pakai yang lebih deep cleansing supaya bisa angkat sisa kotoran ditahap pertama, Kamu bisa pakai yang teksturnya foam tapi sebisa mungkin jangan yang mengandung SLS ya 🙂

      Semoga membantu hihi.

  • Resti Dwi Susanti

    Hay Zeilla, kamu pake produk apa aja untuk double cleansing & double toning?

    • Hallo Resti,
      Aku pakai produk The Body Shop dan Hada Labo untuk double cleansing. Sementara untuk toning, aku pakai dari Cosrx dan The body Shop.

      Semoga membantu yaaa 🙂

  • Pingback: 4 Tahapan Skincare Untuk Pemula Yang Mudah Diikuti()