Zeilla Mutia Devi

SKINCARE FOR BEGINNERS

/

Halo, aku lagi bosen banget nih ngebahas make up thingy dan review. Kali ini agak berbeda, aku akan ngobrol banyak soal skincare. Yes! Banyak dari beauty enthusiast yang kadang kurang memperhatikan skincare dan lebih menyukai make up untuk menutupi semua imperfections.

Aku bicara seperti ini bukan berarti aku expert dalam bidang skincare ya atau pun aku merasa sudah melakukan semua tahap skincare dengan baik dan memiliki kulit sehat tanpa cacat. Aku hanya mau sharing kalau manfaat skincare itu benar-benar powerfull!

Baca jugaAvene Thermal Spring Water For Sensitive Skin Problems

Khususnya bagi kamu yang ingin tampilan make up lebih flawless dan glowing karena untuk hasil make up yang bagus dan maksimal dimulai dari kondisi kulit yang sehat.

Nah, aku akan coba untuk menjelaskan informasi terkait skincare yang perlu banget kamu ketahui. Mulai dari kapan harus pakai skincare, produk apa yang aku rekomendasikan dan bagaimana treatment-nya.

So, let’s get started.

Baca juga: Bio Oil, Minyak Kecantikan Atasi Masalah Kulit

Kapan Aku Harus Menggunakan Skincare?
Sedini mungkin ketika kulit sudah mulai bermasalah. Sebab, itu adalah sinyal kalau kamu membutuhkan skincare yang mampu membantu mengatasi masalah kulit tersebut.
Tapi, beberapa orang memang dianugrahi dengan kondisi kulit yang bagus dan sehat.

Lantas, apakah mereka tidak memerlukan skincare? Menurut ku usia menjelang remaja tepatnya 17 tahun dimana sudah mengenal produk kecantikan, ada baiknya sudah melakukan tahapan skincare sederhana. Sedangkan kamu yang berusia di atas 20 tahun, sudah gak ada tawar-menawar. Kamu harus mulai merawat kulit secara rutin!

Skincare Apa yang Harus Aku Gunakan?
Untuk kulit bermasalah – pilihlah skincare yang memang bekerja dan fokus mengatasi masalah kulit kamu. Misalnya, untuk masalah jerawat pilihlah produk yang bekerja secara optimal pada spot jerawat. Sementara, untuk masalah kulit kering, cobalah untuk menggunakan skincare yang mengandung oil. Face oil dengan kandungan Rosehip bisa kamu coba untuk mendapatkan kulit yang lebih kenyal, segar dan dilain sisi mampu menyembuhkan beberapa masalah kulit lainnya. Pokoknya yang terpenting adalah cuci muka dengan benar dan teratur!

Remaja dan menjelang Dewasa Usia 20 tahun ke Atas – mulailah untuk melakukan tahap basic skincare yang tidak terlalu rumit. Jangan terburu-buru mencoba skincare dengan kandungan neko-neko yang bahkan kamu belum mengerti atau belum kamu butuhkan. Karena pada dasarnya, you just want to protect your skin not to change it!

Baca jugaCosrx BHA Blackhead Power Liquid, Worth To try?

Tahapan Basic Skincare dan Cara Penggunaannya
1.Cleanse
Kalau kamu masih berusia remaja, melakukan sekali tahap cuci muka saja sudah cukup. Sementara untuk kamu yang berusia dewasa dan mulai mengalami masalah pada kulit, ada baiknya untuk melakukan double cleansing atau dua kali tahap cuci muka (baca lengkapnya di sini). Produk dari The body Shop dan Hada Labo bisa jadi referensi kamu dalam menemukan cleanser yang cocok.

Baca juga: Kenapa harus double cleansing?

2.Tone
Setelah wajah dibersihkan, kamu perlu mengembalikan tingkat keseimbangan pH-nya dengan menggunakan toner. Lagi-lagi, kalau kamu masih berusia remaja, melakukan satu kali tahap toning saja sudah cukup. Produk toner dari Bioderma dan Evian are a good starts!

Tapi, untuk kamu yang sudah menginjak usai 20 tahun ke atas, sudah saatnya melakukan double toning (baca lengkapnya di sini). Produk dari Cosrx dan The Body Shop bisa kamu coba loh!

3.Moisture
Siapa bilang kalau kulit berminyak tidak memerlukan moisturizer? Semua kulit membutuhkan pelembab. Tipsnya adalah pilih sesuai dengan jenis kulit kamu. Misalnya, untuk kulit kering pilihlah pelembab dengan tekstur yang lebih heavy dan creamy. Sedangkan, untuk kulit berminyak pilihlah pelembab yang oil free dan bertekstur gel. Produk dari The Body Shop dan Clinique bisa jadi referensi kamu untuk memilih pelembab yang cocok.

4.Protect
Ini adalah tahap yang paling sering disepelekan oleh banyak orang, tak terkecuali aku. Padahal, sinar UVA dan UVB adalah salah satu faktor yang paling berperan pada masalah kulit kamu. Misalnya, adanya flek hitam dan noda jerawat yang tak kunjung hilang, itu akibat ulah UVA dan UVB yang masuk ke dalam jaringan kulit kamu akibat tidak adanya perlindungan dari sunscreen. Jadi, jangan pernah ke luar rumah tanpa pakai sunscreen ya!

Aku biasa menggunakan sunscreen dari Skin Aqua yang mengandung SPF50++ karena aku sering beraktivitas di luar ruangan.

Baca jugaPenyebab Breakout, Based On My Experience

Keempat step di atas itu untuk pemula loh, masih ada essence, serum/booster, eye cream dan lain-lain untuk skincare routine yang lebih dalam.

Nah, mulai sekarang yuk coba untuk merawat kulit secara rutin karena skincare bisa jadi investasi masa depan loh! Saat usia kita sudah bertambah tua nanti. akan terlihat perbedaan antara yang rajin menggunakan skincare dengan yang tidak. Kamu pilih mana hayo?!

Disclaimer: This review is not sponsored. My reviews, opinions, and everything expressed here are truly honest and based on my experience with a product. What works on me, may not work for you.

Picture: http://www.icovetthee.com/

  • Vinna Damayanti

    Kak, umurku udah 17 dan wajahku berminyak banggeett, apa sudah boleh pakai serum??
    Pengen banget nyobain its skin yg VB Effector..

    • http://zeillamudev.com/ Zeilla Mutia Devi

      Hai Vinna,
      Hmm, menurut ku 4 tahap ini udah bagus banget kalau kamu telaten dan komit sama skincare-nya. Mungkin untuk serum tunggu dulu ya, bertahap pelan-pelan hihi.

      Soalnya, serum kandungannya cukup kuat kalau kulit kita gak terbiasa dengan 4 tahap skincare basic ini malah nnti memicu masalah baru.

      Aku pun baru pakai serum di umur 20+ dan masih suka gak cocok sampai sekarang hihi.
      Semoga membantu yaaa :)

  • rara

    kak, kalau boleh tau untuk double cleansing, produk yang kakak pake apa apa aja ya? soalnya aku lihat jenis kulit kita sama deh kak..

    • http://zeillamudev.com/ Zeilla Mutia Devi

      Halo Rara,
      Aku pakai produk dari The Body Shop dan Hada Labo untuk double cleansing.

      Semoga membantu ya :)

  • Reza

    Halo kak, ini step2nya dipakai day and night kah?

  • Reza

    Halo kak, ini skincare bisa dipakai untuk day and night? Kalau tonernya lebih disarankan yang hydrating apa acid ya kalo cuman sekali toning? Thanks ka

    • http://zeillamudev.com/ Zeilla Mutia Devi

      Halo,
      Bisa kok, ini tahap paling sederhana kalau baru mau memulai skincare routine supaya kulit gak kaget. Kalau malam pastinya gak pake sunscreen ya hihi, bisa diganti essence atau serum sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing. Tapi, coba step sederhana ini aja dulu, kalau kulit sudah mulai terbiasa bisa tambahin skincare lain.

      Kalau tahap toning, setau saya yang mengandung bahan aktif seperti acid itu berperan sebagai exfoliator dan harus dibarengi dengan hydrating toner supaya gak kering. Tidak disarankan untuk standing alone. Jadi, keduanya saling ketergantungan.

      Tapi, kalau mau sekali toning mungkin yang sifatnya menyegarkan dan melembabkan bisa. Dikondisikan lagi sama rangkaian skincarenya seperti apa.

  • Amalia Mifthasha

    Usia aku 20 tahun. Baru mau mulai coba coba skin care. Kulit aku tipe berminyak, sekiranya untuk toning lebih bagus milih yg seperti apa ya? Dan ada saran untuk moisturizer kah?

    • http://zeillamudev.com/ Zeilla Mutia Devi

      Halo Amalia,
      Mungkin bisa coba toner yang fungsinya oil/pore control. Sebaiknya jangan yang ada kandungan aktifnya dulu kalau kamu baru mencoba skincare routine. Kalau untuk moisturizer, ada baiknya pakai yang teksturnya gel.

      Semoga membantu yaa :)