Zeilla Mutia Devi

3 HAL YANG SERING DITANYAKAN SEPUTAR SUNSCREEN

/

Apa sih skincare yang paling sering diremehkan? Aku yakin pasti banyak yang jawab sunscreen.
Yap! Betul banget. Aku sendiri pun dulu males banget pakainya karena dibenak ku, sunscreen itu lengket dan bikin wajah jadi mudah berminyak.

Tapi, itu dulu saat aku memang belum menemukan produk yang cocok. Sekarang aku justru gak bisa keluar rumah tanpa sunscreen.

Kamu tau gak sih bahayanya kalau terpapar sinar matahari tanpa perlindungan sunscreen?

Kamu punya flek hitam? Atau noda bekas jerawat yang sudah lama banget gak hilang?
Nah, itu adalah sekian dari banyaknya efek negatif akibat paparan sinar UVA dan UVB yang masuk ke jaringan kulit wajah kamu. Informasi ini harusnya memang bukan hal baru sih.

Baca jugaPenyebab Breakout, Based On My Experience

Tapi sayangnya, aku sering sekali menemukan pertayaan-pertanyaan seputar sunscreen yang kadang bikin gemes hihi. Untuk itu, kali ini aku membahas hal-hal yang sering dipertanyakan soal sunscreen supaya gak ada lagi alasan melewati slot sunscreen di skincare regime kamu.

Apa aja ya? Let’s get started.

1.Kulit ku berminyak, apa aku harus pakai sunscreen juga?
Jelas dong, apapun jenis kulit kamu, sunscreen tetap harus digunakan. Kalau sunscreen yang kamu pakai justru membuat wajah jadi berminyak bukan berarti penggunaannya harus dilewati. Melainkan produknya yang harus diganti sesuai dengan jenis kulit kamu.

Untuk kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, disarankan untuk menggunakan sunscreen bertekstur gel yang tidak mengandung oil atau (oil free). Gunanya agar produk tersebut tidak memicu kadar minyak berlebih di wajah kamu.

Atau bisa juga memilih produk sunscreen yang water based seperti yang aku gunakan dari Skin Aqua. Walaupun aku pakai yang jenis Milk tapi tidak lengket dan tidak memicu minyak berlebih loh!

2.Aku sudah pakai bb cream/cushion/foundie yang sudah mengandung SPF. Apa aku harus pakai sunscreen lagi?
Aku sering banget lihat pertanyaan ini di forum-forum kecantikan. Perlu kamu ketahui ya, SPF yang ada pada produk apapun selain sunscreen itu tidak bisa menggantikan peran sunscreen secara maksimal.

Produk seperti foundie/bb cream/bb cushion sekarang memang lumrah mengandung kadar SPF yang lumayan tinggi bahkan ada yang mencapai SPF 50++. Tapi, kamu tetap membutuhkan produk sunscreen setelahnya.

Jadi, jangan lupa untuk selalu pakai sunscreen sebelum kamu mulai ber-make up ya.

3.Aku harus pakai sunscreen dengan kadar SPF berapa?
Semakin tinggi kadar SPF yang terkandung dalam sunscreen semakin membuat teksturnya menjadi heavy dan creamy. Gak heran kalau kamu sering mengeluh lengket setelah menggunakannya.

Untuk itu, penting loh menyesuaikan kadar SPF dengan aktivitas keseharian kamu. Kalau kamu sering menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan, sunscreen dengan kadar SPF 15-20 saja sudah cukup. Sementara, kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan membutuhkan kadar SPF yang lebih tinggi sekitar 30-50++ SPF.

Gak cuma itu aja, kamu pun dianjurkan untuk mengulang pemakaiannya minimal tiap empat jam sekali supaya kinerja sunscreen tetap optimal 🙂

Udah gak bingung lagi kan?

Disclaimer: This review is not sponsored. My reviews, opinions, and everything expressed here are truly honest and based on my experience with a product. What works on me, may not work for you.

  • Vina Eska

    Aku paling sering ditanya yang nomor 2. Walaupun aku udah jawab perlu, mereka tetap sanksi dan gamau pakai sunscreen. Ya udahlah ya ._.

    vinasaysbeauty.blogspot.com

    • Hai Vina,
      Iya itu paling sering ditanyain kayanya. Kalau banyak yang ngeyel yasudah lah ya hahaha 😀

  • Ahhh ini membantu banget, makasih yaaa hehe

    http://inezdivaa.blogspot.co.id

  • leli

    Aku pakai spf 25 untuk sehari hari. Erha punya 😀 mayan

    Agak lengket tapi ada kesan dingin.

    Kalau skin aqua belum pernah. Denger denger sih ringan ya nggak lengket.. Eh belinya dimana kamu ?

    • Hai Leli,
      Enak ya kalau ada cooling sensation-nya hihi.
      Aku ini dapet free tapi kamu bisa beli di drugstore kaya Guardian, Century atau Watson 🙂

  • Pingback: PENYEBAB BREAKOUT, BASED ON MY EXPERIENCE - Zeilla Mutia Devi()