Zeilla Mutia Devi

BERBUKA PUASA DENGAN MENU SPESIAL DI GASTROMAQUIA

/

Gak kerasa ya sebentar lagi sudah memasuki bulan Ramadhan. Asikkk! Pasti banyak jajanan nih. Iya dong, yang kebayang langsung makanan untuk menu buka puasa. Apalagi ada jajanan takjil yang khas banget. Mulai dari camilan manis kaya kolak dan es buah, sampai camilan yang gurih dan renyah, you know lah itu udah pasti gorengan haha.

Eits! Memang sih camilan itu enak dan menggoda tapi jangan sering-sering ya. Karena menu yang baik untuk berbuka puasa sudah pasti yang mendukung kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Kali ini, aku mau berbagi menu buka puasa yang bisa jadi inspirasi kamu ketika mau BukBer (Buka Bersama) baik itu sama teman kantor, teman main atau keluarga besar. Kadang suka bingung kan nentuin tempat untuk BukBer, ujung-ujungnya pasti ada statment “terserah” atau “gue ikut aja deh” haha. Beware guys!

Sebelumnya aku terima kasih banget sama pihak Clozette Indonesia dan Gastromaquia yang udah undang aku untuk main dan icip-icip menu spesial bulan Ramadhan di restorannya yang ciamik. I feel so lucky :)

Let’s get started!

Ini pertama kali aku datang ke Gastromaquia dan ternyata tempatnya cukup cantik dan nyaman. Lokasinya juga gampang dicari, tepatnya ada di kawasan Senopati, Jalan Ciniru No.1.

Baca juga: Fine Coffee Shop In Town

Restoran-untuk-berbuka-puasa-di-Jakarta

kafe-hits-di-jakarta-selatan

 

Restoran asal Spanyol ini punya dua lantai dan aku ambil posisi di lantai dua which is kursinya lebih banyak ketimbang di lantai 1 jadi terkesan lebih luas. Dekorasinya cukup unik, dihiasi banyak lampu gantung dan cermin dinding yang bisa kamu manfaatin buat spot OOTD. Lumayan kan buat update Instagram.

kafe-hits-di-senopati

menu-berbuka-puasa-di-restoran-jakarta

Gastromaquia-Jakarta

Restoran-Gastromaquia-Jakarta

Untuk pilihan menu buka puasanya cukup variatif, ada masakan ala lidah orang Indonesia tapi juga ada pilihan menu western-nya. Aku pilih lima menu makanan yang masing-masing akan dijelasin detailnya di bawah yaa. Keep on reading!

Review-Menu-Bulan-Ramadhan

Arros Negro – 95K
Nasi tinta cumi hitam ini termasuk salah satu yang recommended versi Chef Gastromaquia loh! Rasanya unik dan dominan cita rasa seafood. Lucunya, di bawah nasi sengaja di masukan cangkang kerang. Tapi, cangkangnya jangan di makan ya hehe. Overall, walaupun rasanya agak asing di lidah tapi worth to try kok.

makanan-khas-bulan-ramadhan

Acehnese Chicken Curry – 75K
Menu ini juga hasil rekomendasi Gastromaquia. Rasanya mirip dengan opor ayam cuma lebih berasa karinya which is bakalan cocok sama lidah orang Indonesia untuk buka puasa. Porsinya pun cukup mengenyangkan. 

Review-Restoran-Gastromaquia-Jakarta

Seafood Salted Egg Yolk – 58K
Masih salah satu yang recommended, menu ini jadi kesukaan aku. Sepertinya Gastromaquia paham betul kalau makanan dengan campuran salted egg yolk di Jakarta memang lagi hits. Dimakan sama nasi putih hangat, duh combo banget sih ini. 

restoran-untuk-berbuka-puasa

Chicken Sambal Matah – 78K
Buat kamu yang lebih suka cita rasa pedas bisa pilih menu ini loh! Tapi, pedasnya masih wajar kok. Ayamnya sengaja disuir-suir supaya lebih mudah dimakan barengan sama bumbunya. Penyajiannya juga menggugah selera banget ya. Harus banget dimakan pas lagi hangat nih. 

Aglio-Olio-Gastromaquia-Jakarta

Aglio Olio Calamari – 68K
Karena aku penggemar pasta, otomatis menu ini jadi favorit ku. Potongan bawang putih dicampur smoked beef dan keju, ampun ini enak banget. Apalagi ditambah fried calamari. Sayangnya, aku lupa untuk request potongan cabai.

Strawberry Juice – 35K & Strawberry Lemonade – 45K
Berhubung pilihan menu bulan Ramadhan ini kental dengan cita rasa seafood, aku pun pesan minuman yang agak asam supaya tetap segar.

Baca jugaLittle Escape with Cimory Riverside

review-gastromaquia

Well, dari lima menu yang aku pesan tiga di antaranya memang rekomendasi dari pihak Gastromaquia. Semuanya enak dan benar-benar mengenyangkan untuk menu berbuka puasa karena porsinya cukup besar dan yang pasti disajikan dengan nasi putih hangat yang Indonesia banget.

Selain kelima menu di atas, kamu juga bisa pesan menu Liwetan Tradisional Indonesia dengan lauk Sambel Goreng Ati, Ayam Goreng Kalasan dan Sate Maranggi. Gak cuma itu itu, sangking baiknya Gastromaquia juga akan bagi-bagi takjil gratis buat kamu yang berbuka puasa di restoran mereka.

Baca jugaGood Food, Good View with The 3House

So, buat kamu yang sudah hunting menu dan tempat BukBer dari sekarang, Gastromaquia ini bisa jadi pilihan loh! Supaya lebih aman, jangan sampai lupa reserved tempat ya. Gak mau kan kalau BukBer nya gagal gara-gara kehabisan kursi.

Disclaimer: This review is sponsored. But, my reviews, opinions, and everything expressed here are truly honest and based on my experience with a product. What works on me, may not work for you.

  • http://www.inklocita.com/ Inklocita

    mantap nih buka puasa di gastromaquia ya

    • http://zeillamudev.com/ Zeilla Mutia Devi

      Hai Kak,
      Iya, menunya menggugah selera yaaa :)

  • http://www.missgrangerwannabe.blogspot.com/ lia

    Ayam sambal matahnya menggoda banget. Cuma kalo dimakan abs puasa bahaya juga ya hehehehe.

    Tempatnya bagus 😀

    • http://zeillamudev.com/ Zeilla Mutia Devi

      Hai Lia,
      Tapi pedasnya gak terlalu kok, memang kelihatan pedas karena cabai nya ya hehe.
      Cuma untuk yang suka pedes pasti ini gak berasa :p

      Iya bagus untuk foto2 gitu.

  • Sinta Khairunnisa Nov Afni

    baguuss banget ya cafenyaa..

    suka banget sama perpaduan warna pastel di kursi2nya

    • http://zeillamudev.com/ Zeilla Mutia Devi

      Hai Sinta,
      Iya, aku pas ke sini juga suka bgt sama interior-nya. Apalagi waktu itu lagi gak terlalu ramai karena udh lewat lunch :)