Zeilla Mutia Devi

LIBURAN BARENG KELUARGA, JELAJAHI KOTA BATU YUK!

/

Sedang merencanakan liburan akhir tahun? Malang bisa jadi tujuan yang tepat loh! Aku pun sudah kedua kalinya liburan ke Malang. Mau jalan sendiri atau liburan dengan keluarga, Malang adalah destinasi terbaik yang bisa kamu pertimbangkan. Ada banyak lokasi wisata yang bisa dijelajahi selama di Malang, terutama di Kota Batu. Apa saja sih spot liburan di Kota Apel ini? Simak ceritaku sampai selesai yaa.

Gunung Banyak
Kawasan ini memiliki beberapa tempat wisata mulai dari Taman Kelinci, Omah Kayu, hingga wisata Paralayangnya sendiri. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun pasti menikmati liburan seru di bukit yang terletak tak jauh dari Kota Batu ini.

Tidak hanya pemandangan siang harinya yang menakjubkan, potret malam hari dari Gunung Banyak pun mengagumkan.

Jawa Timur Park

(Source: Agent Wisata Bromo)

Wahana wisata paling ramai di Batu adalah Jawa Timur Park. Buat kamu yang suka dengan wahana menantang nyali bisa memilih Jawa Timur Park 1. Sementara jika ingin melihat spesies hewan dari berbagai penjuru dunia bisa memilih Batu Secret Zoo.

Selain itu, kawasan Jawa Timur Park juga ada Museum Tubuh dan juga Batu Night Spectacular yang punya wahana seru. Juga ada Museum Angkut yang memajang ratusan jenis kendaraan dari berbagai tahun pembuatan.

Baca juga: Liburan ke Malang, Yuk!

Pemandian Air Panas Cangar
Pemandian ini terletak di Desa Cangar yang berada di ujung barat kota Batu. Sumber air panas di Cangar berasal dari magma Gunung Arjuno Welirang yang selalu panas sepanjang tahun. Tidak hanya segar, mandi air panas di sini juga dikenal bisa menghilangkan berbagai penyakit kulit karena airnya mengandung belerang.

Selecta
Liburan Bareng Keluarga, Jelajahi Kota Batu Yuk!
Tak jauh dari pusat kota Batu terdapat tempat wisata Selecta yang punya banyak wahana dan kebun bunga yang cantik. Di sini juga kamu bisa menikmati makanan khas kota Batu. Salah satunya adalah Warung Mie Soden yang bisa kamu temukan di malam hari. Warung Mie Soden ini terkenal lezat loh. Harus kamu cicipi kalau sedang berwisata di Batu ya!

Coban Talun
Coban artinya air terjun dan di Kota Malang ini kamu bisa temukan banyak wisata air terjun. Kebetulan Coban Talun terletak tak jauh dari Selecta. Selain punya pemandangan indah dari air terjunnya, kawasan perkemahan ini juga memiliki penginapan unik bernama Kampung Apache yang cantik.

Di sisi lain air terjun terdapat hamparan pohon pinus dengan air sungai yang sangat jernih. Juga ada bendungan yang kerap jadi lokasi pemotretan prewedding karena air terjunnya sangat indah.

Coban Rais
Terletak tak jauh dari Jatim Park, Coban Rais yang dulunya menjadi tempat kemah sekarang berubah menjadi kawasan wisata yang ramai dikunjungi turis. Tidak hanya ada air terjun saja, di Coban Rais juga terdapat beberapa spot foto yang menarik, lengkap dengan bukit berbunga nan cantik.

Baca juga: Hemat Belanja di Akhir Tahun

Coban Rondo
Kawasan ini adalah salah satu tempat wisata legendaris di Batu. Selain air terjunnya yang tinggi dan berair super dingin, di Coban Rondo juga terdapat lokasi outbound dan juga taman labirin yang menantang nyali, seru untuk dinikmati bersama semua keluarga.

Sepulang dari Coban Rondo, mampirlah ke kawasan payung di mana terdapat banyak tempat makan dengan pemandangan lampu malam kota Batu yang indah.

Alun-Alun Batu
Tempat wisata yang satu ini disediakan oleh Pemerintah Kota Batu sebagai tempat liburan masyarakat. Tidak perlu tiket untuk masuk ke sana, dan pemandangannya amat indah. Lengkap dengan berbagai pilihan wisata kuliner lezat di sekitarnya.

Wisata Petik Apel
Ada beberapa tempat wisata Petik Apel yang bisa dipilih di Batu. Selain di Kusuma Agrowisata, kamu juga bisa melakukannya di kawasan Selecta, tepatnya di Bukit Berbunga. Tak hanya bisa dinikmati di lokasi, apel yang kamu petik juga bisa dibawa pulang ke rumah. Asyik kan!

Semua spot wisata di atas bisa membuat liburan kamu di Malang semakin seru, terlebih lagi bila bisa memboyong keluarga. Semakin ramai, semakin seru kan. Jadi, sudah siap jalan-jalan?

(Source Main Image: Unplash)