Zeilla Mutia Devi

DIY SOLID PERFUME WITH L’OCCITANE & COSMO CLUB

/

Sudah pernah membuat DIY solid perfume? Ternyata caranya simple dan gampang banget. Bersama workshop yang diadakan Cosmopolitan Club dan L’Occitane, aku berkesempatan untuk membuat personalized solid perfume yang aromanya bisa aku sesuaikan dengan mood ku sendiri. Penasaran? Simak ceritanya sampai habis ya.

Bahan utama sekaligus pembeda antara solid perfume L’Occitane dengan produk lain adalah kandungan Almond Oil dan Shea Butter yang digunakan. Kedua bahan ini baik untuk kulit karena sekaligus bekerja melembabkan kulit. Jadi, solid perfume ini bukan sekadar wangi tapi teksturnya pun juga halus dan lembut.

Baca juga: Battle of Aloe Vera Gel, The SAEM vs Always 21

Alat yang sudah disiapkan berupa Burner (cawan keramik yang sudah dilengkapi lilin di bawahnya), almond oil, shea butter, wax, spatula dan container L’Occitane sebagai wadah solid perfume. Langkah pertama adalah menyalakan lilin pada burner, kemudian masukkan Shea Butter hingga setengah meleleh, lalu campurkan Almond Oil, aduk hingga leleh merata.

Bukan hanya menggunakan Almond Oil dan Shea Butter, DIY Solid Perfume L’Occitane juga menggunakan essential oil. Aku diperbolehkan untuk mencampur dua essential oil berbeda, masing-masing diperlukan lima tetes. Aku suka dengan wewangian yang relaxing dan lembut. Jadi, aku mencampur essential oil Green Tea dan Vanilla sebagai pengharum tambahan di solid perfume ini.

Baca juga: Apa Skincare Harus Mahal?

Essential oil tidak langsung dicampurkan ke dalam lelehan Almond Oil dan Shea Butter yang ada di atas burner ya. Essential oil diteteskan pada cointainer L’Occitane dulu, baru kemudian Almond Oil dan Shea Butter yang sudah meleleh sempurna dituangkan ke dalam container dan tidak perlu diaduk kembali supaya hasilnya rata. Selanjutnya, tunggu hingga berubah menjadi solid. Gak lama kok, kira-kira hanya sekitar lima menit saja.

Jika sudah berubah menjadi solid, parfum sudah bisa digunakan. Aku coba oleskan dipunggung tangan, halus dan lembut banget. Wanginya pun seperti yang aku mau. Almond Oil-nya sendiri sebenarnya sudah wangi, jadi ketika ditambahkan essential oil dari Green Tea dan Vanilla jadi tambah wangi. Unik sih wanginya karena memang sesuai selera sendiri.

Baca juga: Kulit Cerah dalam 15 Menit dengan White Tanning. Mau?

Acaranya juga berlangsung seru karena aku gak cuma DIY Solid Perfume tapi ada juga aktivitas lain yang menyenangkan untuk diikuti. Ada pengecekan mata gratis dari Optik Tunggal, Hand Massage dari L’Occitane, Fun Photo Booth sampai ngopi cantik di Bake and Artisan. Ternyata hasil photo booth yang aku share di Instagram sama dengan aku mendonasikan 5 euro untuk mereka yang bermasalah dengan pengelihatan.

Jadi, workshop personalized solid perfume ini sebenarnya adalah rangkaian dari Let Them See The World Campaign yang diadakan L’Occintane Foundation bersama Union For Vision. Gunanya untuk mengumpulkan donasi sebesar 10.000 euro demi membantu perawatan mata bagi yang membutuhkan. Kamu juga bisa berkontribusi sebesar 5 euro untuk campaign ini dari hasil pembelian produk L’Occitane.

Baca juga: Review Bourjois Healthy Mix Serum

Overall, kegiatan Cosmo Club kali ini menyenangkan sih karena aku dan teman-teman yang ikut hadir bisa sekaligus berpartisipasi dalam campaign Let Them See The World. Rasanya ada kepuasan tersendiri bisa ikut membantu mereka yang membutuhkan.

Oh iya, buat kamu yang ingin coba DIY Solid Perfume ini di rumah tapi kesulitan untuk dapat shea butter-nya, kamu bisa ganti dengan Petroleum Jelly kok. Mungkin hasilnya bisa sedikit berbeda tapi setidaknya bisa lebih mudah ditemukan di drugstore terdekat.

Disclaimer: This review is not sponsored. Everything expressed here are truly honest and based on my experience with a product. What works on me, may not work for you.

  • Pingback: Pertama Kali Mencoba Nails Treatment Go-Glam by Go-Jek()

  • Pingback: PENYEBAB BREAKOUT, BASED ON MY EXPERIENCE - Zeilla Mutia Devi()

  • DIY yang lain daripada yang lain nih. Saya biasanya DIY mainan si kecil aja. Hehehehe

    • Hai Mba Andy,
      Wah, nanti aku praktekin DIY mainannya ya kalau sudah punya anak hihi.

  • Lendy Kurnia Reny

    Kereen banget…
    Aku pikir yang bentuknya solid dalam wadah kecil itu semacam lip balm.
    Ternyata parfum yaa..

    **duuh…mamak ketinggalan jaman niih…

    • Hai Mba Lendy,
      Iya, memang sekilas mirip lipbalm yaa kalau gak diperhatikan dgn detail. Tapi, ini teksturnya lebih buttery :p

  • Rach Alida Bahaweres

    Baru dengar namanya DIY Solid Perfume nih mba.
    Asik ya acaranya bisa sekalian pengecekan mata gratis. Hehehe

    • Hai Mba Alida,
      Bisa coba dipraktikan kalau lagi iseng ya mba hihi. Iya, karena workshop ini juga sekaligus mendukung campaign Let Them See The World mba 🙂

  • Eni Rahayu

    ternyata bisa ya bikin sendiri solid parfum di rumah, makasih infonya mbak

    • Hai Mba Eni,
      Iya, sederhana dan gampang sih mba. BIsa dipraktikkan kalau lagi ada waktu luang hehe.

  • zahratul husni

    Wah menarik acaranya dan simpel banget cara buat parfume-nya. Saya suka wangi vanilla, penasaran kalau dicampur sama green tea. Bisa diganti beeswax juga ga mbak shea butternya?

    • Hai Mba Zahra,
      Bisa, kalau susah nemu Shea Butter-nya, bisa diganti Beeswax atau Petroleum Jelly mba. Bisa lebih mudah ditemukan hehe.

  • Helena Safitri

    wah keren banget deh acaranya. Bisa buat DIY solid perfume jadi lebih pas dengan selera masing-masing. Tahu info acara seperti ini darimana ya?

    • Hai Mba Helena,
      Iya, bisa disesuaikan dengan taste masing-masing ya, kemarin pilihan essential oils-nya juga banyak banget. Kebetulan via Invitation mba 🙂

  • Pingback: Kulit Cerah Dalam 15 Menit Dengan White Tanning. Sudah Coba?()

  • Pingback: Review Peeling dan Serum 10 Hari dari V 10 Plus Indonesia()