Zeilla Mutia Devi

CARA KU MENGATASI JERAWAT DENGAN 4 SKINCARE INI

/

Setiap orang terlahir dengan jenis kulit yang berbeda-beda, ada yang memang sudah mulus dari lahir dan tidak bermasalah alias normal, ada juga yang memiliki kulit sensitif hingga cenderung berjerawat atau acne prone. Tapi, pada dasarnya jerawat berpotensi muncul di tipe kulit mana saja sekalipun itu jenis kulit normal. Karena intinya, masalah jerawat bukan sesederhana malas mencuci muka. Jerawat itu kompleks. 

Ada orang yang rajin merawat wajah tapi tetap memiliki kulit berjerawat, ada juga orang yang tidak telaten merawat wajah tapi terhindar dari jerawat. Terdengar agak gak adil ya? Tapi memang begitu faktanya. Jadi, gak selamanya jerawat timbul itu karena wajah kotor. Tapi, coba perhatikan faktor lain seperti jenis skincare yang kamu gunakan, pola makan hingga gaya hidup kamu. Bahkan, ada juga yang berjerawat karena hormon di dalam tubuhnya sedang tidak stabil. Jika masalahnya ini, agak sulit juga untuk diatasi dengan skincare. Pergi ke dermatologist mungkin bisa jadi solusi.

Baca juga: Review Peeling dan Serum 10 Hari V 10 Plus

Khususnya bagi perempuan, semakin bertambah usianya, hormon semakin tidak stabil. Dengan begitu, besar kemungkinan keadaan kulit kita lima tahun lalu tidak sama dengan keadaan kulit sekarang. Selalu ada fase dimana hormon benar-benar tidak stabil sehingga menimbulkan sinyal seperti jerawat. Biasanya, jerawat hormon pada perempuan paling banyak muncul di area dagu.

Aku termasuk yang memiliki kulit berminyak dan sensitif. Sekarang, di usia ku yang menginjak 24 tahun, aku sedang berada di fase hormon yang tidak stabil. Kulit menjadi mudah berjerawat dan bekasnya sulit sekali hilang. Sebenarnya masih normal sih tapi menjadi tidak normal dan mengganggu sekali karena memang sejak dulu aku tidak akrab dengan masalah jerawat. Jadi, aku betul-betul salut dengan mereka pejuang acne. Semangat girls!

Penggunaan skincare atau cara mengatasi jerawat di tiap orang pun unik. Ada yang sembuh karena menggunakan face oil seperti Liah Yoo, ada juga yang sembuh dengan menggunakan masker, atau skincare yang mengandung alkohol, sekalipun itu dianggap menyakiti kulit. Jadi, dasar ilmu skincare adalah reaksinya tidak bisa dipukul rata atau dianggap sama. Trial dan error itu sudah pasti demi menemukan pengobatan yang cocok.

Baca juga: Skincare for Beginners

Seperti skincare yang ingin aku bahas ini. Keempat skincare ini membantu mengatasi jerawat dan meredakannya di wajah ku. Memang prosesnya tidak instan tapi setidaknya cukup menolong. Keempat skincare ini punya fungsi berbeda pada tipe jerawat yang berbeda pula. Simak sampai selesai ya.

Always 21 Jeju Clay Mask
Masker ini aku gunakan pada tipe jerawat yang kecil seperti bruntusan dan juga jerawat besar tapi yang sudah lewat masa radangnya. Aku jarang menggunakan masker pada seluruh area wajah, mungkin hanya sebulan dua kali. Biasanya hanya pada area yang berminyak dan bermasalah seperti cara melakukan spot treatment. Clay mask diklaim bagus untuk kulit berminyak dan mampu membersihkan pori-pori secara maksimal, jadi ku ratakan juga di area t-zone supaya pori-pori tidak tersumbat kotoran dan minyak. Aku lakukan cara ini sebanyak 3x seminggu.

The Body Shop Tea Tree Oil
Jika jerawat baru ingin muncul dan terasa nyeri, aku langsung oleskan Tea Tree Oil ini. Caranya pun sama seperti melakukan spot treatment. Biasanya aku oleskan pada pagi dan malam hari tanpa diikuti skincare lain. Baru setelahnya dibilas dan dilanjutkan dengan skincare pagi atau malam. Memang versi ku pakai ini agak beda sih karena aku merasa oil ini akan lebih bekerja maksimal jika tidak di-layer dengan skincare lain.

Cosrx BHA Blackhead Power Liquid
Sama seperti Tea Tree Oil, essence dari Corsx ini juga aku gunakan pada jerawat yang baru muncul dan merah meradang, tapi tidak setiap hari cukup 3 s.d 4 kali seminggu. Lagi-lagi digunakan sebagai spot treatment tapi bedanya adalah dengan cara dikompres. Dimulai dengan membasahi kapas yang sudah dipotong sesuai ukuran jerawat lalu kompres di atas jerawat, biarkan hingga 30 menit. Kandungan bahan aktif BHA bisa larut dalam minyak sehingga bisa membersihkan pori-pori yang tersumbat sebagai penyebab jerawat. Aku sudah pernah review Cosrx BHA Blackhead Power Liquid, cek lengkapnya di sini ya. Karena sudah mau habis, akhirnya aku pindahkan ke botol kecil bewarna biru itu supaya gak makan tempat.

Nature Republic Aloe Soothing Gel 92%
Setelah diserbu dengan spot treatment, kulit biasanya menjadi kering bahkan permukaan di atas jerawat bisa jadi mengelupas. Tandanya kulit butuh skincare yang memberikan hidrasi serta menenangkan kulit. Aku menggunakan Aloe Vera Gel ini bukan di atas jerawat aja tapi juga diseluruh wajah supaya kelembaban dan kekenyalan kulit bisa kembali. Aku pernah review Aloe Vera Gel secara lengkap di sini. Selain menggunakan Aloe Vera Gel, sesekali aku juga mengopmpres jerawat dengan hydrating toner dari Hatomugi Skin Conditoner. Skincare ini juga sudah pernah ku review, cek di sini ya.

Keempat skincare ini terbiasa menolongku untuk kasus jerawat ringan dan medium seperti yang sudah aku jelaskan di atas. Tapi, untuk kasus jerawat yang bandel banget gak mempan. Selain dengan keempat skincare ini, aku juga pernah mencoba bahan alami seperti bawang putih untuk mengatasi jerawat. Tapi, hasilnya benar-benar di luar dugaan. Permukaan kulit ku malah menjadi iritasi dan perih. Padahal, bawang putih adalah salah satu pengobatan alami yang dipercaya mampu mengatasi jerawat.

Baca juga: Clean Eating for Beginners

Jadi, aku percaya banget kalau semua skincare atau pengobatan memiliki reaksi berbeda di tiap jenis kulit. Dalam hal ini, aku hanya berbagi mengenai skincare apa aja yang biasa ku gunakan untuk mengatasi jerawat. Bisa cocok di kamu, bisa juga engga. Nah, apa sih skincare andalan kamu untuk mengatasi jerawat?

Baca juga: Cari Tiket Murah? Cek Pegipegi Yuk!

Disclaimer: This review is not sponsored. Everything expressed here are truly honest and based on my experience with a product. What works on me, may not work for you.

  • Dian Safitri Ravi

    Aku pun pakai body shop dan nature republic-nya. Emang enak ya.

  • Inge Maria Wibowo

    Kalau jerawat nya karena hormon memang ngeselin ya mba. Dulu aku sebelum kerja jerawatan parah. Setelah kerja sampe sekarang puji syukur jerawat cuma muncul pas haid aja. Aku biasanya pake obat sulfur dari dokter buat ngeringin jerawat hehe

    • Oh, kerja dan gak kerja mempengaruhi hormon juga ya mba? iya betul, sulfur juga katanya bagus buat ngeringin jerawat ya.

  • Rusydina Tamimi

    kalo ngilangin bekas jerawat pake apaan siss??

    • Pakai Rosehip Oil, aku pernah review juga sih. Coba aja main-main di blog ku hehe.

  • Pingback: Kulit Cerah Dalam 15 Menit Dengan White Tanning. Sudah Coba?()

  • Pingback: Review Pelembab Multifungsi Hatomugi Skin Conditioner()

  • Pingback: Rosehip Oil dari Organic Supply Membantu Menyamarkan Noda Jerawat()

  • Lianny Hendrawati

    Jerawat muncul satu dua kalo pas haid, nggak banyak seperti waktu sekolah dulu. Jadi sekarang kubiarkan aja deh jerawatnya, ntar ilang sendiri 😀

    • Iya mba, umur-umur 20an kadang yang paling rentan sama jerawat hihi. Enaknya kalau jerawat bisa hilang sendiri tanpa diapa-apain ya.

  • Annisa

    Jerawat muncul pas hormon ga stabil, kadang didiemin aja suka ilang sendiri. Tapi kalau lama-lama juga ga nyaman banget. Penasaran sama The Body Shop Tea Tree Oil, jadi pengen nyoba.

    • Iya mba, kadang jadi gak pede dan iseng pengen langsung diilangin aja rasanya haha.

  • Wajahku termasuk yang suka jerawatan kalau telat dikit bersihin make up. tengkyu reviewnya mbk 😀

    • Sama-sama, jangan skip bersihin muka mba. Kalau bisa malah double cleansing supaya lebih bersih :p

  • Eni Rahayu

    jerawat sama bekasnya bikin tidak PD aja kalau kemana2 ,thanx info mbk :D..