Zeilla Mutia Devi

KAMERA APA YANG TEPAT UNTUK BLOGGER PEMULA?

/

Sejak terjun ke dunia blogging, aku banyak mendapat pertanyaan seputar kamera untuk blogger pemula. Banyak yang penasaran dengan kamera yang ku gunakan, bahkan gak sedikit pula yang meminta ku untuk ngajarin mereka motret, waduh. Sebagian dari mereka beranggapan aku menggunakan kamera DSLR tipe terbaru atau kamera mirror less yang belakangan sedang hits. Entah ini termasuk pujian atau apa, tapi yang pasti aku masih setia menggunakan kamera yang dibelikan oleh Bapak saat aku duduk di bangku SMA yaitu Canon EOS 500D. Beberapa teman ku yang bergelut di bidang photography mengakui kalau Canon EOS 500D ini termasuk bandel sekalipun tipe-nya sudah tua.

Dalam aktivitas blogging, kamera adalah salah satu bentuk investasi karena memang harganya sebanding dengan fitur yang diberikan. Banyak orang yang rela merogoh kocek lebih dalam demi mendapatkan hasil potret yang menawan. Kalau bujet ku sudah cukup, pengen deh beli kamera baru. Tapi, kamera Canon EOS 500D ini gak akan aku jual. Selain udah lama, aku sayang banget sama kamera ini karena awet dan user friendly sekalipun buat aku yang gak terlalu paham banget soal teknik kamera pro.

Baca juga: Mau Jadi Selebgram Dengan Modal Minim? Ikuti 4 Tips Ini Yuk!

Karena termasuk tipe lama, kamera Canon EOS 500D ini memiliki banyak kekurangan jika dibandingkan dengan model dan fitur kamera “anak jaman now”. Misalnya, ukurannya jelas gak travel friendly jika dibandingkan dengan pocket camera atau mirror less camera. Selain itu, kamera yang aku punya tidak memiliki fitur beauty, WiFi dan layar putar. Aku pun suka merasa kesulitan jika ingin mengunggah foto saat event berlangsung karena memang butuh bantuan laptop untuk memindahkan data. Tapi, sebenarnya ada kok DSLR yang memiliki fitur WiFi dan layar putar.

Dalam hal ini, menggunakan kamera DSLR seperti tipe ku justru memiliki banyak tantangan. Aku yang semula gak terlalu paham soal teknik mengambil gambar pun sekarang punya lah skill motret dikit-dikit. Aku biasa belajar photography lewat tutorial YouTube, channel favorit ku itu Manggo Street. Aku yang masih belajar ini sempat diminta untuk ngajarin temen ku motret, tapi justru bingung caranya gimana karena aku pun otodidak, kebanyakan ngandelin mood dan insting haha.

Kamera Untuk Blogger Pemula – Via Unplash

Tapi, kali ini aku akan berbagi soal bagaimana memilih kamera untuk blogger pemula. Bukan secara teknis ya karena memang aku bukan ahlinya. Disimak sampai habis yuk!

Baca juga: The New Hush Puppies, Comfort Walk Ballerinas

(1) Budjet Friendly
Siapa bilang hasil foto yang bagus selalu didapat dari kamara mahal? Aku termasuk tipe orang yang percaya istilah “the only thing that matter is who is behind the gear“. Jadi, yang paling penting adalah skill dan pemahaman kamu soal kamera dan cara mengambil jepretan yang oke. You need practice, practice and practice. Sekarang banyak kok kamera DSLR kualitas terbaik yang dijual dengan harga terjangkau.

Setidaknya kamera dengan harga miring gak akan memberatkan kamu dari segi biaya. Kalau skill dan pengalaman kamu soal motret sudah bertambah, kamu boleh ganti dengan kamera yang lebih pro.

(2) Gak Ada Salah-nya Beli Kamera Preloved
Jika kamera dengan budjet friendly dirasa kurang memuaskan untuk belajar, gak ada salahnya mulai mempertimbangkan kamera preloved. Kamera termasuk barang yang tidak mudah rusak dan menurun kualitasnya, jika ada cacat pun kebanyakan kasus ada pada casing. Tapi, tetap hati-hati ya terkadang lensa juga bisa berjamur jika penggunaanya tidak bersih. Selain lensa, performa baterai juga harus diperhatikan.

Komunikasikan semua fitur dan kelengkapan aksesoris sebelum membeli supaya tidak menyesal. Agar lebih aman dan nyaman mencari kamera DSLR, kamu bisa mampir ke situs jual beli online di Tokopedia. Di sana kamu bisa menemukan banyak koleksi kamera preloved dan baru dengan harga beragam yang tentunya bisa kamu sesuaikan dengan bujet dan kebutuhan kamu.

(3) Perhatikan Fitur-nya
Selain harga terjangkau, seorang blogger pemula membutuhkan fitur yang mudah untuk dioperasikan. Biasanya mereka menyukai dan paling sering menggunakan mode otomatis. Setuju? Jadi, pastikan kalau kamera yang ingin kamu beli tidak melewati pengaturan yang ribet dan makan waktu. Fitur seperti WiFi, layar putar serta beauty shoot juga termasuk fitur andalan bagi blogger pemula.

Baca juga: 5 Fashion Items Yang Wajib Dimiliki Blogger

(4) Pertimbangkan Lensa Tambahan
Instead of membeli kamera dengan bujet yang lumayan tinggi, ada baiknya lebih berinvestasi pada lensa. Pengambilan foto produk secara mendetail dan tajam bisa dihasilkan dengan menggunakan lensa fix. Masih banyak ukuran dan tipe lensa yang bisa kamu sesuaikan dengan masing-masing kebutuhan. Lebih hemat ketimbang harus punya banyak koleksi kamera kan?

Nah, beberapa poin di atas setidaknya bisa membantu kamu yang sedang bingung membeli kemera. Dengan tips di atas, kamu bukan cuma dapat kamera yang ramah digunakan tapi juga ramah di kantong. Jika sudah mendapat kamera impian yang sesuai dengan kebutuhan, jangan lupa untuk terus belajar supaya hasil jepretannya semakin bagus.

Ulik berbagai teknik motret dan hacks yang bisa kamu terapkan di kamera pribadi supaya skill mu juga bertambah. Intinya, practice makes perfect!

Disclaimer: This review is sponsored. But everything expressed here are truly honest and based on my experience with a product. What works on me, may not work for you.

  • aku sampai saat ini belum beli kamera karena masih bingung hehe masih pakai smartphone -___-
    Baca dimana2 katanya kamera ya biasa aja gpp, tp invest di lensa. Km setuju ga Zeil?

    eeeh tp aku bingung yg dimaksud ‘biasa’ nya itu yg gimana, yg dipake sejuta umat gitu kah hehe

    • Kamu fotonya bagus-bagus loh Dir, aku suka banget! Ga nyangka kalau itu masih pakai smartphone hehe.
      Setujuuuu, tapi ya gitu kadang lensa-nya lebih mahal dari kamaranya wkwkwkwk.

  • aku tuh galau klo urusannya sama kamera, soalnya aku ga jago foto. kayanya mau nyoba foto kaya gimanapun hasilnya jelek melulu, apalagi klo flat lay photos. wassalam banget, makanya aku ga pede tiap kali posting review2an. 🙁

    aku sekarang pake kamera biasa sih, nikon l820 coolpix. buat traveling sih ga jelek2 amat. atau entah mungkin skill foto aku cuma buat gambar pemandangan aja, bukan buat produk. haha. 😀

    • Samaa, aku kalau lagi ga mood pasti hasil fotonya jelek. Angle dari mana aja pasti gak bagus hehe makanya mood itu juga berpengaruh sih.

      Coba ulik tutorial deh buat dapet referensi foto, aku biasanya dpt banyak ide dari situ 🙂

  • lia

    Aku juga masih simpan kamera dslr canon 550d ku. Soalnya lensanya paling bagus di antara kamera yg satunya. Sayang bawanya kemana-mana bikin encok. Hahahaha.

    • Hahahaha iya betul, kameran ini lumayan berat ya. Tapi, gapapa deh digendong kemana-kemana soalnya hasilnya bagus :p

  • Antung Apriana

    terakhir punya kamera masih yang jenis pocket camera itu pun sudah nggak kepakai lagi karena kalah saing sama hape. tapi pengen juga euy punya kamera jenis mirrorless gitu buat ngevlog

    • Enaknya jenis kamera pocket itu travel friendly banget ya mba tapi memang sekarang jenis mirrorless lagi menggiurkan banget hehe. Yuk, nabung dulu :p

  • Akarui Cha

    Aku pernah kepikiran untuk bisa punya kamera beneran sih. Tapi nampaknya masih terhalang budget, jadi sekarang masih berjuang dengan kamera ponsel. Doakan bisa punya ya mba.

    • Aminn, semangat ya mba. Pelan-pelan nnti investasi untuk blog nya bisa bertambah. Hasil foto dari smartphone sekarang juga udh keren-keren loh! Asal sdh paham cara ambil angle yang bagus 🙂

  • Terima kasih tipsnya mbak, sangat bermanfaat bagi blogger pemula kayak saya ini 🙂

  • lidha maul

    Yes, kalau gak sanggup beli kamera yang selangit, ya semampunya aja dengan catatan: ada investasi tuk kamera

    • Iya mba karena lagi-lagi balik ke ilmu sih. Temen ku ada yang foto blognya bagus-bagus banget tapi ternyata dia masih pakai smartphone. Keren kan hihi.