Zeilla Mutia Devi

YUK, INTIP PROSES PEMBUATAN BRA DI PABRIK WACOAL

/

Apa sih pertimbangan terbesar kalian ketika memilih bra? Jujur sih hal pertama yang aku lihat pasti harganya karena aku pribadi hampir gak pernah beli satu bra saja. Biasanya sekaligus beli kebutuhan pakaian dalam lainnya dan kalau ditotal angkanya pasti lumayan. Nah, sayang kan kalau mahal-mahal cuma dapat 1 pc. Memang dasar otak ekonomis sih ya, lebih mikirin kuantitas daripada kualitas, apalagi pakaian dalam kan gak bisa dipamer-pamerin, beli yang murah juga kayanya gak masalah.

Tapi, sepulang blusukan dari pabrik Wacoal tempo hari, pemikiran ku langsung berubah. Ternyata penting loh untuk memperhatikan bra dari segi kualitas, fitting hingga fungsinya. Payudara kan salah satu aset perempuan jadi harus diperhatikan juga. Pemilihan bra yang kurang tepat berisiko buruk pada tampilan dan kesehatan payudara. Selain menimbulkan tampilan yang tidak indah, pemilihan bra yang tidak sesuai ukuran juga sering menimbulkan keluhan sakit punggung.

Baca juga: The New Hush Puppies, Comfort Walk Ballerinas

Penasaran gak sih kenapa ada bra yang harganya cukup premium? Memangnya terbuat dari apa? Nah, lewat tulisan kali ini, aku akan mengungkap proses pembuatan bra Wacoal di pabriknya langsung PT Wacoal Indonesia yang berlokasi di Citeureup, Bogor.

 

Berkunjung Ke PT Wacoal Indonesia

Jadi, beberapa waktu lalu aku bersama teman-teman dari Blogger Perempuan Network berkesempatan hadir pada acara “The Secret of Wacoal” yang mengungkap rahasia di balik kesuksesan Wacoal sebagai merek pakaian dalam yang dipercaya berkualitas dan memiliki fitting yang baik. Lewat acara ini kami diajak berkeliling di area pabrik seluas 2 hektar dan melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan bra mulai dari bahan mentah hingga produk siap dipasarkan ke seluruh store Wacoal. Berikut tahapannya:

 

Proses Uji Laboratorium

Bahan baku bra Wacoal yang terdiri dari 70% impor dan 30% berasal dari lokal ini akan melalui proses uji lab terlebih dahulu sebelum diproduksi lebih lanjut. Selain untuk mengukur kualitas, uji lab juga berguna dalam melihat tingkat keamanan bahan yang digunakan sebab bahan bra Wacoal harus bebas dari merkuri. Uji ketahanan warna juga dilakukan pada tahap ini, warna bahan dipastikan tidak akan melunturi pakaian lainnya ketika dicuci.

Ternyata uji lab ini tidak dilakukan pada bahan mentah saja. Uji lab tetap dilakukan pada bahan yang sudah diolah menjadi bra. Terlihat kalau Wacoal sangat mengedepankan kualitas ya. Pemeriksaan bahan baku yang diterapkan oleh pabrik Wacoal di Indonesia menggunakan standar pemeriksaan Jepang, sama halnya dengan yang diterapkan oleh negara lain seperti Vietnam dan Tiongkok.

Baca juga: Mau Jadi Selebgram dengan Modal Minim? Ikuti 4 Tips Ini Yuk!

 

Proses Desain dan Cutting

Proses desain dibantu dengan teknologi komputer secara otomatis mengikuti pola yang sudah di-setting pada layar komputer. Kemudian mesin yang sudah terkoneksi akan memotong bahan sesuai dengan pola di layar. Tapi, beberapa bahan juga masih dipotong secara manual dengan mesin potong standing. Bahan mentah tersebut akan dipotong menjadi komponen bra secara terpisah.

Demi menghindari kesalahan pada tahap berikutnya, lagi-lagi dilakukan quality control pada bahan yang sudah dipotong menjadi komponen bra. Hal ini dilakukan guna memastikan potongan bahan memiliki ukuran yang tepat sebelum dijahit. Dalam segi pola, Wacoal dikenal memiliki fitting yang baik sebab Wacoal Jepang telah melakukan penelitian terkait karakteristik tubuh perempuan meliputi variasi usia dan bentuk tubuh sehingga Wacoal mampu menghasilkan produk pakaian dalam yang memenuhi standar fitting dan fungsi.

Baca juga: Cara Tampil Chic dengan Gaya Denim

 

Proses Jahit Tiap Komponen Bra

Proses selanjutnya adalah proses penjahitan yang dikerjakan oleh lebih dari 1.200 orang. Pantas saja kalau ruang produksi ini paling besar dan paling ramai diisi oleh pekerja wanita. Untuk menjadi sebuah bra utuh diperlukan sekitar 26 tahap penjahitan yang dilakukan secara in-line. Artinya satu orang pegawai khusus mengerjakan satu komponen supaya hasilnya tetap detail dan teliti.

Ada yang khusus mengerjakan bagian cup saja, bagian strap-nya saja atau bahkan bagian renda yang berfungsi sebagai pemanis model bra. Inti dalam proses ini adalah menggabungkan semua komopenen bra seperti renda, hook & eye, bone, wire, cup dan lain-lain agar menjadi satu kesatuan sehingga terwujud bentuk bra sesuai dengan pola yang diharapkan.

Baca juga: 5 Fashion Items yang Wajib dimiliki Blogger

 

Proses Quality Control

Ini adalah proses terakhir sebelum produk siap dikemas dan masuk ke berbagai store Wacoal di area domestik dan mancanegara. Jika diperhatikan, hampir di semua tahap produksi melalui proses quality control terlebih dahulu. Dengan begitu, terlihat sekali bahwa Wacoal sungguh menjaga kualitas produknya supaya tetap konsisten.

Total ada tiga level quality control di pabrik Wacoal. Pertama, pemeriksaan inline sewing yang dilakukan di-line masing-masing saat produksi. Kedua, produk yang lolos pengecekan pertama kembali dicek oleh bagian quality control untuk memastikan tidak ada cacat satu pun. Ketiga, random sampling atau pengecekan secara acak.

 

Jalan-Jalan ke Store Baru Wacoal di Plaza Indonesia

Setelah keliling di area pabrik Wacoal, aku diajak mengunjungi salah satu store terbarunya yang berada di Plaza Indonesia Lantai 3. Di sana aku bisa berbelanja berbagai jenis pakaian dalam hasil produksi pabrik Wacoal yang sudah ku sambangi sebelumnya. Saat tiba di sini aku jadi mulai paham dan menerima kalau di balik harga yang cukup premium memang terdapat kualitas yang selalu dikedepankan.

Dibantu dengan seorang Beauty Advisor (BA), aku mengukur lingkar payudara demi mendapat size bra yang sesuai. Mengukur payudara dimulai dari bagian lingkar tertinggi payudara dan bagian lingkar bawah payudara. Sebab ukuran payudara berubah-ubah mengikuti usia maka perlu dilakukan pengukuran tiap membeli bra baru supaya fitting-nya sesuai dengan ukuran payudara sekarang sehingga postur tubuh tampak lebih ideal.

 

Tips Memilih dan Menggunakan Bra Dengan Tepat

(1) pilih bra sesuai size atau ukuran (konsultasi terlebih dahulu dengan BA)
(2) pilih bra yang sesuai dengan kebutuhan payudara, misalnya mereka yang memiliki payudara besar tidak disarankan menggunakan model bra setengah cup demi tidak membuat payudara seakan terlihat ‘tumpah’
(3) sesuaikan cup bra, jangan sampai terlalu menekan tapi juga tidak boleh menyisakan ruang walaupun hanya satu ruas jari
(4) ada bra yang tidak direkomendasikan untuk dipakai sepanjang hari, misalnya sport bra
(5) gunakan bra tanpa kawat ketika tidur

Baca juga: Spa Rempah “Oukup” Menjelang Lamaran

Sudah paham kan betapa pentingya memilih bra yang berkualitas dan memiliki fitting yang baik? Selain aman dari segi kesehatan payudara, bra yang berkualitas dapat mendorong perempuan tampil lebih percaya diri karena didukung oleh pakaian dalam yang nyaman, tubuh pun jadi tampak lebih ideal. Mulai sekarang yuk lebih teliti dalam memilih pakaian dalam, jangan tergiur dengan harga miring lagi ya karena harga mencerminkan kualitas.

Disclaimer: This review is sponsored. But everything expressed here are truly honest and based on my experience with a product. What works on me, may not work for you.

  • Prosesnya yang panjang membuat Wacoal tampil menjadi brand underwear yang premium. Pantas memang, walau harganya sedikit lebih tinggi tapi kualitas boleh diadu.

  • Okti Li

    Ada harga ada rupa. Uang tidak akan membohongi. Kualitas bagus pasti harga akan beda dengan yang kualitas biasa …

    Salut sama brand ini. Senang ya berkesempatan bisa mengunjungi pabriknya langsung

    • Iya mba, beruntung banget di-invite BPN untuk gabung event ini. Aku jadi paham proses pembuatannya yang ternyata gak semudah kelihatannya :p

  • Reyne Raea

    Keren tipsnya, saya semenjak punya anak lebih suka pakai sport bra.
    Asyik ya bisa mengunjungi pabriknya, jadi tau asalnya mengapa produknya terlihat ‘agak’ mahal

    • Iya mba, ternyata gak disarankan menggunakan sport bra setiap hari.

  • lia

    Aku pun awalnya cuma mikir harga doang. Padahal kan gak boleh yaaa 🙁

    • Iyaa, kalau harga udah oke baru deh beli banyak haha suka gitu kan yaa 🙁

  • Dian R

    Ada harga ada rupa.. Jadi gak heran ya kalau underwear Wacoal ini harganya mahal. Soalnya kualitasnya emang the best..

    • Iya mba, ibu ku loyal customer brand ini sampai sekarang karena memang nyaman dipakai katanya

  • rizka edmanda

    wah beruntung banget bisa ke pabrik wacoal. nambah wawasan baru ya

  • Asti Astii

    Seru banget acara nya, sayang lagi ga ada yang jagain bayi ku tanggal segitu, padahal aku pakai wacoal juga hehehe

    • Yahh, sayang ya mba kita gak ktemu juga deh. Mungkin next time ada trip batch 2 hihi :p

  • Betul haha soalnya kan kebutuhn ciwi-ciwi itu banyak banget dari ujung rambut sampai ujung kepala wkwkwk

  • Pingback: Launching Hush Puppies Comfort Walk Ballerinas Flat Shoes()

  • Pingback: Micellar Water L'oreal Paris Review di Kulit Kering dan Sensitif()