Zeilla Mutia Devi

CARA MERAWAT KULIT SENSITIF DENGAN GARNIER PURE ACTIVE SENSITIVE

/

Sekitar dua bulan lalu sewaktu menjalankan treatment spa, aku berkesempatan untuk berkonsultasi dengan dokter Balquis Farida, Spkk di sana. Berhubung dokternya sangat ramah, aku menceritakan semua keluh kesah yang dihadapi oleh kulit ku saat itu. Beberapa hal yang aku tekankan pada saat konsultasi adalah kulit ku sangat kering akibat acne treatment, karena terlalu kering terkadang suka terasa gatal dan mudah perih. Dokter sempat memeriksa kulit ku secara detail, beliau menyimpulkan kalau kulit ku tergolong sensitif. Diperlukan penanganan skincare yang tepat sebagai salah satu solusi cara merawat kulit sensitif supaya kulit berangsur pulih dan gak terlalu reaktif.

 

Penyebab kulit menjadi sensitif

Banyak faktor yang memicu kulit seseorang menjadi sensitif, di antaranya paparan polusi, perubahan suhu hingga efek pengobatan tertentu. Sedangkan penyebab lain yang paling sering dialami adalah karena terlalu sering berganti produk perawatan kulit demi menghasilkan perubahan yang lebih baik dan lebih cepat. Melakukan eksfoliasi terlalu berlebihan juga kebiasaan yang memicu kulit menjadi sensitif sebab bahan aktif dapat merusak skin barrier yang justru akan mendorong masalah kulit baru yang kemungkinan lebih parah dari sebelumnya.

Baca juga: Casmara Purifying Algae Peel-Off Mask Review

 

Tanda kulit kamu sensitif

(1) Peka terhadap skincare atau kosmetik
(2) Wajah mudah memerah
(3) Wajah mudah gatal atau perih
(4) Kulit terasa sangat kering dan mengelupas

 

Cara merawat kulit sensitif-berjerawat

Dengan segala risiko yang timbulkan dari memiliki kulit sensitif maka jenis kulit seperti ini butuh perhatian ekstra. Kamu harus lebih peka terhadap reaksi kulit, apalagi setelah mencoba make up atau skincare baru. Kulit yang sensitif lebih cepat dalam bereaksi dan mudah sekali mengalami peradangan. Penggunaan skincare yang kurang tepat misalnya yang mengandung bahan aktif dinilai terlalu harsh untuk kulit sensitif. Kulit akan kehilangan minyak alami sehingga skin barriers terganggu. Jika skin barriers terganggu, kulit akan mudah iritasi, rentan berjerawat bahkan bisa mempercepat penuaan dini karena terjadi penurunan kolagen pada kulit.

Baca juga: Skincare for Beginners

Memilih skincare untuk kulit yang sensitif memang agak sulit sebab kulit sensitif mudah bereaksi terhadap suatu kandungan secara cepat. Jika produk yang kamu gunakan langsung memberi rasa gatal, perih atau panas maka itu tanda tidak cocok. Segera temukan alternatif lain, misalnya gunakan skincare yang mengandung witch hazel karena dipercaya dapat menyejukkan kulit sensitif serta Zinc yang dipercaya mampu meredakan jerawat yang kerap timbul pada kulit sensitif.

 

Garnier Pure Active Sensitive

Nah, permasalahan jerawat yang gak kelar-kelar di wajah ku ini kemungkinan besar akibat kulit yang sensitif. Keadaan wajah ku setiap harinya berubah dengan cepat, terkadang gatal, kemerahan dan bintik-bintik seperti jerawat selalu hilang timbul. Selain jadi #MySensitiveIssue karena stres mikirin solusinya, aku juga jadi gak pede saat keluar rumah. Tapi, sekarang kondisi wajah ku sudah berangsur-angsur membaik berkat perubahan total pada skincare routine ku. Aku mulai menggunakan skincare khusus jenis kulit sensitif-berjerawat yang gak cuma lembut di kulit sensitif tapi juga ampuh menuntaskan masalah jerawat tanpa membuat kulit ku terasa kering dan mengelupas.

Baca juga: Bio Oil, Minyak Kecantikan Atasi Masalah Kulit

 

Langkah 1 – Garnier Pure Active Sensitive 

Skincare pertama yang gak cuma mengurangi jerawat dan bekasnya tapi juga membantu aku terbebas dari jerawat yang sering hilang timbul belakangan ini. Capek kan rasanya kalau jerawat on-off terus, aku mau mereka pergi selama-lamanya haha. Hampir dua minggu ini aku rutin menggunakan facial wash dan serum dari rangkaian Garnier Pure Active Sensitive.

Pertama, aku mencoba Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel. Ini adalah sabun cuci muka berbasis gel yang efektif membersihkan wajah dari minyak, polusi dan bakteri penyebab jerawat. Berkat tekstur gel-nya, wajah ku jadi gak gampang iritasi sebab gel lebih terasa lembut di kulit sensitif. Saat diaplikasikan terasa dingin-dingin gitu, wajah jadi sejuk. Setelah dibasuh pun gak meninggalkan sensasi kering dan “ketarik” tapi tetap terasa bersih.

Baca juga: Wajah Glowing dalam 30 Menit dengan ZAP Photo Facial

Sejauh ini aku gak merasa ada hal aneh dengan cleansing gel-nya, berarti kulit ku cocok dengan Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel. Intinya, aku paling menghindari sabun cuci muka yang meninggalkan efek keset di wajah karena minyak alami dari wajah ku jadi ikut terangkat sehingga skin barriers jadi rentan.

Ingredients dari Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel:
Aqua/Water Sodium Laureth Sulfate, Peg-8, Coco-Betane, Sodium Chloride, Alcohol, Caprylyl Glycol, Citric Acid, Hamamelis Virgiana Water/Witch Hazel Water, Hexylene Glycol, Mltodextrin, Peg-120 Methyl Glucose Dioleate, Phenoxyethanol, Salicylic Acid, Salix Alba Bark Extract/Willow Barik Extract, Sodium Benzoate, Sodium Hydroxide, Zinc Pca, Parfum/Fragrance

 

Langkah 2 – Pure Active Sensitive Anti-Acne Serum Cream

Kedua, aku mencoba Pure Active Sensitive Anti-Acne Serum Cream yang berfungsi sebagai serum jerawat. Serum ini dapat digunakan pada pagi dan malam hari, dipakai di seluruh wajah seperti menggunakan pelembab karena memang fungsinya yang sengaja dirancang sebagai pelembab. Tapi, di awal-awal pemakaian aku coba gunakan sebagai spot treatment lebih dahulu untuk melihat hasilnya di area jerawat.

Baca juga: Cara Menghitamkan Rambut dengan L’oreal Magic Retouch

Gak seperti kebanyakan spot treatment yang sering membuat area sekitar jerawat ikutan kering, serum ini justru melembabkan. Mungkin karena teksturnya yang berupa cream jadi lebih melindungi kulit, bahkan tertera pada kemasan kalau serum ini mampu menghidrasi kulit selama 24 jam jadi kamu gak perlu khawatir kulit bakalan flaky.

Walaupun tekstur-nya cream, tapi serum ini gak lengket alias mudah menyerap ke kulit saat dibalur ke seluruh wajah. Terbilang ringan untuk ukuran cream sehingga nyaman digunakan. Selain memperbaiki dan memperkuat tekstur kulit, serum ini juga menyamarkan pori yang terlihat besar karena jerawat. Pori-pori besar lebih rentan terinfeksi kuman karena menyimpan kotoran akibat proses pembersihan yang kurang maksimal. Khusus kulit sensitif yang mudah berjerawat seperti aku ini butuh serum yang menuntaskan masalah jerawat sampai ke pori-pori supaya jerawat gak timbul lagi.

Baca juga: Suplemen Kulit Pure Skin Untuk Kulit Berjerawat

Ingredients dari Pure Active Sensitive Anti-Acne Serum Cream:
Aqua/Water, Dimethicone, Glycerin, Hydrogenated, Polyisobutene, Alcohol Denat, Butylene Glycol, Glyceryl Stearate, Salicylic Acid, Ammonium Polyacryloyldimethyl Taurate, Isopropyllauroyl Sarcosinate, Octyldodecanol, Acrylonitrile/Methyl Methacrylate/Vinylidene Chloride Copolymer, Bht, Capryloyl Glycine, Capryloylsalicylicacid, Dimethicone/Vinyldimethicone Crosspolymer, Disodiumedta, Hamamelis Virgiana Water/Witch Hazel Water, Isobutene, Maltodextrin, Peg-100 Stearate, Perlite, Phenylethyl Resorcinol, Poloxamer 338, Salix Alba Bark Extract/Willow Barik Extract, Silica, Silica Silylate, Sodium Hydroxide, Sodium Polyacrylate, Stearyl Alcohol, T-Butyl Alcohol, Tocopherol, Xanthan Gum, Zinc Pca, Parfum/Fragrance.

Kedua skincare tersebut berifat oil-free dan non-comedogenic serta mengandung dua bahan unggulan yaitu Purifying Zinc dan Witch Hazel yang memang dikenal efektif merawat kulit. Di saat kandungan zinc mengangkat minyak dan bakteri penyebab jerawat secara menyeluruh, kandungan witch hazel bersifat lembut dan memberikan rasa nyaman pada kulit sehingga kulit ku lebih kalem dari biasanya.

Walaupun wajahku belum bersih total dari jerawat dan bekasnya, setidaknya Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel dan Pure Active Sensitive Anti-Acne Serum Cream ini membantu ku mengatasi #MySensitiveIssue yang beberapa bulan lalu sempat bikin ku frustasi. Rasa gatal dan perih yang sering muncul kalau di siang hari, sekarang udah jarang kambuh lagi. Aku juga sudah berani jujur dengan diri sendiri karena sudah gak nutupin jerawat dan bekasnya menggunakan concealer. Senangnya sudah berani tampil bare face!

Apa cerita sensitif kamu?
Lebih lengkap soal rangkaian Garnier Pure Active Sensitive bisa kamu cek di sini ya. Banyak cerita soal mitos dan fakta seputar jerawat juga loh!

Disclaimer: This product is sponsored. But everything expressed here are truly honest and based on my experience with a product. What works on me, may not work for you.