Zeilla Mutia Devi

BERBAGAI PILIHAN BUS SEBAGAI MODA TRANSPORTASI LIBURAN

/

Siapa di sini yang lebih suka plesiran menggunakan transportasi darat khususnya bus? Sudah tahu belum kalau di Indonesia banyak macam bus yang bisa kamu tumpangi sesuai dengan bujet dan kebutuhan. Sebagai alat transportasi massal yang paling banyak mengangkut penumpang di Indonesia, bus memiliki beberapa kelas yang berbeda-beda. Masing-masing kelas dibedakan dari tingkat kenyamanan selama perjalanan, mulai dari usia armada bus, jumlah kursi, jarak antar kursi dan fasilitas pendukung lainnya yang menjadikan harga tiket bervariatif. Berikut ini adalah beberapa kelas bus yang melaju di jalan raya Indonesia. Siapa tahu bisa kamu pilih untuk masa liburan atau mudik yang akan tiba sebentar lagi. Apa saja? Simak bareng-bareng yuk.

Bus Ekonomi

Sumber: Tony_S Photography

 

Bus ini adalah yang paling banyak melaju di negeri ini. Harganya paling terjangkau dengan ratusan ribu rute baik jarak dekat maupun jarak jauh. Karena harga tiket bus ini paling murah maka kelas ekonomi memiliki fasilitas yang paling minimalis sesuai dengan harga yang ditawarkan. Cocok buat kamu yang memiliki jiwa traveller sejati yang lebih ingin merasakan sensasi liburan ala ransel. Tapi, harus kamu ingat kalau durasi tempuh bus ekonomi lebih lama ketimbang bus kelas lain sebab bus ekonomi lebih sering berhenti untuk mengangkut penumpang dibanyak titik pemberhentian.

Sebagian besar kelas ekonomi in tidak dilengkapi dengan AC dan memiliki jumlah kursi yang paling banyak dibanding dengan kelas lain. Rata-rata kursi kelas ekonomi ditata dengan lajur dua-tiga, dengan jarak antar kaki yang pendek dan kursi yang tidak bisa direbahkan (reclining seat). Namun belakangan ini banyak bus ekonomi yang sudah dilengkapi dengan AC, diberi label AC Tarif Biasa. Paling banyak adalah kategori bus antar kota yang jarak tempuhnya cukup jauh. Meski demikian, soal kenyamanan kursi dan fasilitas lainnya masih standard saja, hanya ditambah AC agar udara jadi lebih sejuk daripada bus kelas ekonomi biasa.

Baca juga:Liburan Bareng Keluarga, Jelajahi Kota Batu Yuk!

 

Bus Patas/Bisnis

bus patas ac

Sumber: Buscepatmalam(dot)wordpress(dot)com

 

Bus patas atau juga dikenal dengan kelas bisnis biasanya memiliki lajur dua-dua dengan jumlah kursi terbatas. Kursi pada bus kelas ini bisa direbahkan dan memiliki jarak antar kaki yang lebih lebar sehingga lebih nyaman ketimbang bus ekonomi. Jika kamu punya bujet lebih dan ingin sedikit lebih nyaman, ada baiknya untuk mempertimbangkan bus patas sebagai moda transportasimu ke tempat tujuan.

Berbeda dengan bus ekonomi yang sering mengambil dan menurunkan penumpang di jalan, bus kelas patas atau bisnis biasanya tidak demikian. Karena itulah bus jenis ini bisa lebih cepat sampai daripada bus kelas ekonomi, dan akan membuat perjalanan liburan kamu semakin terasa nyaman. Namun, harga tiket bus kelas ini tentunya lebih mahal dibandingkan kelas ekonomi sebab fasilitas dan kenyamanan yang lebih baik ketimbang bus kelas ekonomi.

 

Bus Eksekutif

Sumber: Twitter(dot)com/Sugikno

 

Bus eksekutif biasanya memiliki kursi yang lebih nyaman dibandingkan dengan bus patas. Selain bisa direbahkan, kursi pada bus eksekutif juga dilengkapi dengan leg rest, selimut dan bantal, konsumsi, Wi-Fi, colokan serta toilet dan hiburan selama perjalanan. Fasilitas yang ditawarkan memang lebih lengkap, tidak heran kalau kocek yang dirogoh untuk membeli tiket bus ini juga lebih dalam.

Biasanya bus jenis ini digunakan untuk rute jarak jauh, baik antar kota dalam provinsi maupun bus antar provinsi. Kapasitas tempat duduknya pun terbatas, maksimal 34 kursi saja dalam satu armada demi mengedepankan kenyamanan penumpang hingga tempat tujuan akhir.

Baca juga: Liburan ke Malang Yuk!

 

Bus Super Eksekutif

tiket bus super eksekutif

Sumber: Imotorium(dot)wordpress(dot)com

 

interior bus super eksekutif

Sumber: Bluebirdgroup(dot)com

 

Fasilitas yang diberikan oleh bus kelas super eksekutif sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ekesekutif/VIP. Perbedaan yang paling menonjol adalah pada jumlah kursi penumpang dalam satu armada, yaitu hanya 28 tempat duduk saja. Semakin sedikit dibandingkan dengan bus eksekutif. Perbedaan lainnya adalah pada fasilitas coffee maker yang disediakan di dalam bus, karena jenis ini biasanya melayani rute panjang. Di Indonesia, kebanyakan bus ini digunakan untuk rute antar pulau yang jaraknya ratusan kilometer.

Ternyata ada banyak macam kelas bus di Indonesia ya. Sebagian besar tiket bus di atas bisa kamu beli di Traveloka, baik untuk perjalanan antar kota maupun antar pulau. Pilih bus yang paling sesuai untuk perjalanan kamu nanti dan beli tiketnya di Traveloka dengan harga yang dijamin sama seperti rilis resmi masing-masing perusahaan Otobus.

Bus kelas apa sih yang selalu menemani perjalananmu?

Disclaimer: Everything expressed here are truly honest and based on my experience with a product. What works on me, may not work for you.