Zeilla Mutia Devi

TIPS MEMILIH RS BERSALIN DAN DOKTER KANDUNGAN

/

Saat mengetahui kalau diriku positif hamil, topik yang langsung aku diskusikan dengan suami adalah memilih Rumah Sakit (RS) Bersalin dan juga dokter kandungan. Sejujurnya ini adalah topik yang sempat menjadi perdebatan di antara kami berdua sebab kami harus menyamakan persepsi dan sepakat dengan hasil RS yang sama sementara kami memiliki pandangan yang berbeda terkait RS dan dokter kandungan yang tepat pada saat itu.

Aku lebih konsen terhadap jarak antara RS dengan tempat tinggal sementara suami lebih menitik beratkan pada hasil rekomendasi teman sejawat di kantornya yang kebetulan RS tersebut berjarak cukup jauh dari tempat tinggal kami. Singkat cerita, kami sepakat memilih RS Antam Medika dan dr. Susanti Kusumo Budiarti, Sp.OG sebagai dokter kandungan yang akan memantau perkembangan janin ku. Hasil keputusan tersebut tentunya atas banyak pertimbangan. Nah, kali ini aku akan membahas bagaimana cara memilih RS Bersalin dan dokter kandungan yang tepat sehingga meminimalisir perdebatan haha.

Baca juga: Cerita Kehamilan Trisemester Pertama

(1) Jarak antara RS dan Rumah
Pilihlah RS yang berjarak paling dekat dengan tempat tinggal kamu. Tujuannya supaya memudahkan akses jika sewaktu-waktu terjadi hal darurat. Misalnya, bila waktu persalinan tiba dengan ditandai pembukaan, kamu tidak menempuh perjalanan yang menyiksa akibat jarak tempuh yang terlalu jauh atau akses yang sulit akibat macet.

Kebetulan aku bermukim di daerah Jakarta Timur, salah satu RS yang paling dekat dengan kami adalah RS Antam Medika yang berlokasi di Jalan Pemuda.

(2) Telusuri Rekam Jejak Reputasi Dokter
Sebelum akhirnya memilih dr. Susanti, Sp.OG. aku sempat mecari rekam jejak perihal rekomedasi dokter kandungan di RS Antam Medika melalui beberapa forum ibu hamil. Kini sudah banyak informasi terkait RS Bersalin dan dokter kandungan yang bisa kamu telusuri secara online maka banyak-banyaklah mencari tahu ya. Pada kasus ku, beberapa pasien menyebut bahwa dr. Susanti cukup memuaskan dan informatif sebagai dokter kandungan dan ternyata salah satu teman sejawat kakak ku juga pernah ditangani oleh beliau melalui proses persalinan normal.

Dari hasil informasi yang ku dapat, dr. Susanti, Sp.OG pro persalinan normal, artinya sangat sesuai dengan proses lahiran yang aku harapkan. Jadi, pilihlah dokter kandungan yang mampu mendukung proses persalinan yang kamu impikan karena yang terpenting adalah kenyamanan si calon Ibu.

(3) Kenyaman Saat Konsulitasi
Aku pribadi sangat nyaman berkonsultasi dengan dr. Susanti, Sp.OG sebab beliau tidak menimbulkan rasa parno pada pasiennya dengan membuat banyak pantangan atau mempersulit tahap konsultasi. Beliau tidak banyak melarang perihal asupan yang harus aku konsumsi, tidak pernah membatasi aktivitas ku dan bahkan tidak menyarankan banyak tindakan atau uji lab bila dirasa tidak perlu.

Baca juga: Cerita Kehamilan Trisemester Kedua

Segala keluhan yang kerap aku sampaikan selalu direspon dengan tenang, informatif dan tidak membuat parno. Cara penyampaian dan karakternya cocok dengan ku sehingga aku merasa nyaman setiap kali berkonsultasi. Suami dan Ibu ku juga “srek” dengan beliau sehingga sejauh ini belum ada ketidakcocokan yang berarti. Intinya, setiap perkataan dan tindak tanduk dokter sebaiknya mampu diterima dengan nyaman oleh perasaan kamu sehingga kamu merasa didukung dan diperhatikan. Jika, dokter ketus dan terkesan terburu-buru saat proses konsultasi maka hal itu perlu dipertimbangkan.

(4) Tidak Harus Dokter yang Laris Manis
Konsekuensi dari memilih dokter kandungan yang laris manis adalah bersiap dengan antrian jadwal konsultasi yang panjang dan membosankan. Padahal kenyataannya ibu hamil sering merasa kurang nyaman saat harus menunggu lama-lama. Lagipula situasi ini akan mempersulit diri kamu sendiri ketika waktu persalinan tiba, besar kemungkinan dokter kandungan tidak bisa mendampingi akibat keterbatasan waktu karena harus memegang banyak pasien ibu hamil.

Jadi, masih banyak dokter yang memiliki rekam jejak positif tanpa sederet antrian pasien di belakangnya. Bahkan, jika kamu tidak memiliki riwayat kesehatan yang serius, menjalani proses bersalin dengan bidan pun tidak masalah.

(5) Fasilitas RS
Memilih dokter kandungan sama dengan memilih rumah sakit. Usahakan untuk memilih kedua poin tersebut dengan tepat. Fasilitas rumah sakit dimana kamu akan melakukan persalinan sebaiknya dilengkapi dengan alat-alat medis dan tekhnologi yang lengkap untuk berjaga-jaga hal yang tidak diinginkan. Selain itu, kebersihan juga tidak boleh luput dari perhatian. Menurut ku RS Antam Medika cukup bersih dan nyaman, juga tidak terlalu ramai sehingga tidak bising. Terakhir, area parkir RS ini cukup luas sehingga memudahkan pasien dan tamu pasien untuk berkunjung atau menjenguk.

Baca juga: Spa Rempah “Oukup” Ala Batak Menjelang Lamaran

Nah, kelima hal di atas adalah hal yang perlu kamu perhatikan sebelum akhirnya memilih RS Bersalin dan dokter kandungan. Semua poin di atas benar aku amati dan pelajari sehingga aku harap bisa mempermudah kamu menemukan RS Bersalin dan dokter kandungan yang sesuai.