Zeilla Mutia Devi

LAHIRAN NORMAL DI RS ANTAM MEDIKA JAKARTA

/

Sedari awal mengetahui telah mengandung anak pertama, saya dan suami bertekad untuk melalui proses melahirkan secara normal. Tapi, kami juga sudah siap jika di tengah jalan harus memilih opsi melahirkan caesar ataupun yang lainnya. Pada intinya, kami menginginkan yang terbaik untuk si jabang bayi apapun metodenya. Sampai tiba waktu melahirkan ternyata Allah SWT mengiizinkan saya melaui proses lahiran normal di RS Antam Medika Jakarta. Ini adalah momen yang begitu berharga bagi saya pribadi sehingga saya akan berbagi kisah dan pengalaman menjadi pasien ibu melahirkan selama 3 hari di sana.

Mengapa melahirkan di RS Antam Medika Jakarta?
Sebenarnya RS ini adalah opsi terakhir dari daftar RS incaran kami. RS Antam Medika Jakarta paling dekat dengan rumah, tergolong RS baru which is tidak terlalu banyak pasien dan fasilitas juga alat kesehatannya masih sangat bagus serta kebetulan ada teman dari kakak saya yang telah melahirkan di sana. Saya sempat bertanya bagaimana pengalaman melahirkan di sana pada beliau dan so far tidak ada masalah yang perlu dikhawatirkan alias reviewnya positif.

Baca juga: Cerita Kehamilan Trisemester Pertama

Pelayanan Dokter dan Fasilitas di RS Antam Medika Jakarta
Sembilan bulan mengandung saya diawasi oleh dokter Susanti, SpoG yang banyak diperbincangkan di beberapa forum kehamilan. Kebetulan dokter Susanti juga menangani pasien teman dari kakak saya. Selama ditangani beliau saya menjadi ibu hamil paling santai dan tenang sebab pembawaannya yang tidak pernah melarang hal-hal sepele. Setiap pertanyaan dijawab dengan logis dan beralasan medis jadi tidak ada tuh mitos-mitos yang menghantui. Perihal makanan pun beliau tidak menakut-nakuti sehingga saya lebih punya kontrol yang baik atas apa yang saya lakukan dan saya konsumsi.

Beliau dokter obgyn yang pro normal sehingga itikad saya selalu didukung dan dipermudah bahkan beliau setia menunggu usia kehamilan saya yang pada saat itu telah memasuki 39 minggu. Satu hal yang menjadi pertanyaan besar saya pada saat itu adalah minus mata yang terbilang cukup tinggi yakni (-3.75) pada mata kanan dan kiri. Namun, dokter bilang aman sebab yang menjadi masalah bukan pada minusnya tapi pada tebal dan tipis retina mata. Saya hanya disarankan melakukan test mata jika memang ingin lebih yakin.

Baca juga: Skincare Yang Saya Gunakan Selama Hamil

Perlu diketahui bahwa RS Antam Medika menganut pro IMD (Inisiasi Menyusui Dini) dan program asi ekslusif 6 bulan. Setelah lahiran normal pun saya terus menerima afirmasi positif terkait ASI yang pada saat itu memang belum terlalu lancar. Payudara saya dibantu pijat oleh tim laktasi di sana hingga akhirnya keluar colostrum. Kemudian saat visit dokter anak, saya juga menerima edukasi cara menyusui didampingi bidan dan tim laktasi. Proses menyusui saya dikoreksi oleh mereka apakah sudah tepat atau perlu diperbaiki. Selain edukasi mengenai ASI, saya juga diajarkan tentang memandikan bayi, merawat tali pusar dan membedong walaupun rasanya saya sudah gak fokus karena terlalu bahagia dan lelah haha.

Fasilitas untuk proses melahirkan di ruang bersalin juga cukup lengkap walaupun saya tidak paham mengenai kegunaan masing-masing alat. Terdapat ruang NICU tepat di depan ruang bersalin jika kondisi bayi perlu perawatan khusus.

Pelayanan Suster dan Staff RS Antam Medika Jakarta
Sementara layanan bidan dan suster di RS Antam Medika menurut saya patut diacungi jempol. Entah karena saya pasien kelas VIP atau bukan tapi mereka semua ramah dan sabar. Suami saya pun sependapat kalau pelayanan mereka cukup memuaskan. Permintaan dan keluhan saya ditangani dengan baik, tidak terpancar raut muka jutek atau nada ketus yang umum dilontarkan suster pada pasiennya. Mereka juga sigap tiap kali suami saya pencet bel bantuan, gak sampai hitungan menit mereka sudah hadir dan membantu. Begitu juga dengan staff yang bekerja di receptionist dan kasir, cukup sigap dan informatif. Yang penting proses pembayaran tidak bertele-tele ketika pasien memutuskan untuk pulang.

Fasilitas Kamar VIP RS Antam Medika Jakarta
Saya menginap di kamar VIP selama 3 hari 2 malam. Seperti kamar VIP pada umumnya, fasilitas di kamar ini cukup membuat saya nyaman. Ukuran kamar ini cukup luas untuk menampung tamu pasien, fasilitasnya dilengkapi dengan AC, kamar mandi air hangat beserta toiletries, lemari es, dispenser air, lemari ibu & suami berukuran medium, televisi, kursi pendamping, nakas 3 pintu, sofa panjang, kursi serta changing table bayi yang dilengkapi dengan lemarinya sekaligus. Disediakan seragam pasien juga kalau ibu tidak membawa baju ganti.

Baca juga: Tips Memilih RS Bersalin dan Dokter Kandungan

Perlu diingat kalau RS Antam Medika hanya menyediakan dua ruang VIP ya, tidak banyak memang. Saya memilih ruangan dengan motif wallpaper yang cerah dan tidak terlalu ramai supaya nyaman. Sepulang dari melahirkan pihak RS memberi saya satu tas pakaian berisi popok Mamypoko isi 52pcs, krim anti ruam dan alergi Pure Baby, 3 pcs waslap serta beberapa berkas dokumen terkait akte lahir dan administrasi.

Menu Makanan Ibu Melahirkan di RS Antam Medika
Sebelumnya saya tidak pernah menjadi pasien inap rumah sakit manapun sehingga tidak pernah mencicipi catering rumah sakit. Tapi bisa dibilang menu makanan di sini cukup variatif dan lengkap, selalu ada camilan di sela-sela jadwal makan siang entah itu cake atau jus atau susu tapi sayang bumbu dari makanan utamanya kurang terasa, entah memang diracik seperti itu atau bagaimana tapi saya malah lebih sering pesan menu Hokben yang ada di lantai 1. Kebiasaan pasien bandel jangan ditiru ya.

Biaya Lahiran Normal Kamar VIP RS Antam Medika Jakarta
Maksut dan tujuan saya mencantumkan biaya pada artikel ini supaya informasinya lengkap dan berguna bagi kamu yang ingin mengetahui biaya lahiran normal di RS Antam Medika sebab mereka tidak memiliki price list. Kamu harus datang bertemu dengan customer service di sana dan menanyakan langsung, jawaban yang diterima pun bukan harga paket secara keseluruhan seperti RS pada umumnya melainkan harga terpisah.

Untuk detail kamar seperti yang saya jelaskan di atas, saya membayar kurang lebih 18juta. Harga tersebut sudah komplit dengan tindakan partus normal, visit dokter kandungan, visit dokter anak, obat-obatan, vaksin bayi hari pertama, biaya inap ruang VIP selama 3 hari 2 malam hingga biaya administrasi, dan lain-lain. Mahal atau murah memang relatif tapi saya bisa bilang tarif di RS ini cukup terjangkau dibanding RS lain yang ada di daftar RS incaran saya.

Jadi, dari semua aspek yang saya sebutkan di atas bisa dibilang saya cukup puas lahiran normal di RS Antam Medika. Kemungkinan saya akan kembali melahirkan di sana jika diberi rezeki anak kedua tapi ya gak sekarang haha.

Disclaimer: This review is not sponsored. Everything expressed here are truly honest and based on my experience with a product. What works on me, may not work for you.