Zeilla Mutia Devi

CLEAN EATING FOR BEGINNERS

/

Buat aku yang suka mengonsumsi daging-dagingan memang agak susah untuk beralih ke jenis makanan lain yang lebih menyehatkan, misalnya sayur dan buah. Kebiasaan makan makanan berlemak ini akan membawa risiko kesehatan di masa depan. Belakangan ini aku sedang mengikuti tips diet sehat bagi pemula. Penasaran? Baca sampai akhir ya.

Dulu sebelum sadar dengan hal berbau makanan sehat, konsumsi daging ku bisa dibilang gila-gilaan. Aku selalu meminta Ibu untuk masak menu daging favorit ku di rumah, kalau jajan di restoran pun aku selalu pesan menu daging.

Tapi, bukan berarti aku sama sekali tidak menyukai sayur ya. Dalam hal ini hanya tidak berimbang saja. Aku suka sekali sayur sop, ini satu-satunya menu sayur yang seluruh isinya akan aku makan sampai habis. Kalau makan menu barbecue pun aku masih mau makan selada dan daun bawangnya.

Baca juga: WRP Everyday FruitBar, Snack Sehat Rendah Kalori

Nah, belakangan ini aku sedang berupaya mengonsumsi sayur dan buah lebih banyak ketimbang daging. Setidaknya menyeimbangkan gizi dari asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh ku. Mau tau rutinitas apa yang sedang aku coba jalani?

(1) Mengurangi makanan yang diproses dan berpengawet
Aku mulai mengurangi makanan beku yang diawetkan seperti sosis, nugget dan french fries. Ketiganya ini padahal stok terbanyak di rumah ku karena memang mudah dimasak kalau Ibu lagi gak di rumah. Tapi, mereka sungguh jahat apalagi kalau dikonsumsi terlalu sering. Sebenarnya, aku tidak benar-benar menjauhi makanan ini sih hanya dikurangi saja intensitasnya. Misalnya, sebulan hanya sekali. Hal ini berlaku juga untuk junk food yaa.

(2) Mengganti garam dan MSG dengan kecap asin
Aku lebih menyukai makanan gurih, asin dan pedas ketimbang yang manis. Pokoknya makanan ku jangan sampai kurang garam. Tapi, garam juga termasuk bumbu yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Wajarnya, orang dewasa hanya boleh mengonsumsi garam sebanyak satu sendok teh sehari.

Nah, kebanyang kan selama seharian mulai dari sarapan, makan siang, makan malam serta camilan setidaknya jangan melewati batas aman konsumsi garam. Solusi ku untuk mengatasi ini adalah dengan mengganti garam dengan kecap asin supaya kadar dari garam dapur tidak terlihat berlebih.

(3) Mengonsumsi mie instant sebulan sekali
Kalau mie instant boleh dikonsumsi setiap hari, aku kayanya bakalan makan ini terus deh. Enak banget gak sih, tapi ya gitu makanan enak selalu bahaya. Aku mulai mengurangi dan membatasi diri supaya gak keseringan mengonsumsi mie instant sebab makanan ini juga mengandung natrium atau garam yang cukup tinggi.

Baca juga: Teh Tawar Kemasan Botol Dari Ichitan, Pertama Di Indonesia

(4) Mengonsumsi teh hijau tanpa gula sehari dua kali
Kebetulan aku mendapat oleh-oleh teh hijau dari teman yang kerja di Jepang. Daripada nganggur, sering ku buat seduhan teh. Biasanya aku minum pagi setelah sarapan dan malam menjelang tidur. Efeknya, kalau diminum pagi hari jadi bisa mengontrol makan karena terasa cepat kenyang.

Oh iya, aku minum tanpa tambahan gula ya jadi pure hanya seduhan teh hijau aja. Rasanya memang agak pahit tapi lama-lama sudah terbiasa kok. Jika se sedang ingin manis aku menambahkan madu sedikit sebagai pengganti gula.

(5) Memilih camilan sehat organik
Camilan adalah asupan yang tidak kalah penting guna menghindari kita dari mengonsumsi makanan berat. Tapi, camilan juga gak boleh sembarang. Sekarang, aku sudah mulai memilih fruit bar seperti Heavenly Blush dan Fitbar sebagai camilan saat menjelang makan siang dan sore hari. Aku belajar menahan diri untuk tidak mengoleksi chips yang mengandung MSG lagi.

(6) Minum air putih 2 liter/hari
Walaupun terlihat klise tapi hal ini wajib banget dijalani. Jangan sampai kurang minum karena efeknya sangat buruk bagi kesehatan. Banyak orang gak suka air putih dan cenderung mengonsumsi minuman manis terlebih lagi yang dingin. Beruntungnya sedari kecil aku sudah menyukai air putih bahkan Ibu bilang aku ga pernah minta minuman yang macam-macam, cukup air putih aja udah seneng haha.

Baca juga: Caribou Coffee, Fine Coffee Shop in Town

Buat kamu yang suka lupa mengonsumsi air putih, coba deh buat alarm supaya rutin minum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter per hari. Ini bisa jadi sangat membantu loh!

Itu semua kebiasaan yang sampai sekarang juga masih aku coba jalani dengan rutin. Kadang aku masih suka melanggar apalagi kalau weekend saat main sama pacar, duh aku lupa itu semua.

Baca juga: MOS Wagamama Burger, Burger Kreasi Sendiri

Bisa dibilang, dari keenam hal di atas yang paling sulit adalah komitmen melawan rasa malas. Tapi ingat, kita harus menjaga kesehatan tubuh demi tidak menyesal di masa depan. Makan bukan hanya kenyang dan enak saja, tapi juga harus sesuai dengan kebutuhan tubuh yaaa.

Selamat mencoba!

19 Comments on CLEAN EATING FOR BEGINNERS

  1. dilla
    September 21, 2017 at 7:51 am (4 years ago)

    omg aku gabisa makan mie instant sebulan sekali~ >.<
    btw aku pernah nonton di tv katanya memang frozen food tuh nggak bagus banget kalau dikonsumsi terlalu sering. great tips!

    http://www.shopforcheapo.com

    Reply
    • Zeilla Mutia Devi
      September 21, 2017 at 12:38 pm (4 years ago)

      Hai Dilla,
      Iya, memang kalau yang suka banget dgn mie instant pasti susah. Aku awalnya juga gitu, tapi berusaha tahan haha. Tenang aja, sesekali cheating gapapa kok.

      Reply
  2. Ririe Prameswari
    September 27, 2017 at 12:18 pm (4 years ago)

    nice reminder! Aku langsung bikin alarm buat minum air putih ahhahaha. Sekarang malah lagi usaha buat minum 2,5liter air putih selama di kantor biar produksi asi makin banyak *lah fokusnya beda* hahahahah

    Reply
    • Zeilla Mutia Devi
      September 27, 2017 at 8:39 pm (4 years ago)

      Hai Ririe,
      Wah, Busui ya? Bagus banget kalau rajin minum air putih biar gak gampang lemes juga. Sehat-sehat ya sama dede bayinya 🙂

      Reply
  3. Deddy Huang
    September 27, 2017 at 6:21 pm (4 years ago)

    makan memang kudu dipilih soalnya perut kita kan ga ada onderdilnya ya..

    deddyhuang.com

    Reply
    • Zeilla Mutia Devi
      September 27, 2017 at 8:38 pm (4 years ago)

      Hallo Deddy,
      Haha iya bener banget, jadi ngakak ngebayanginnya.

      Reply
  4. Zahrah Nida
    September 30, 2017 at 6:20 am (4 years ago)

    Waaaah, kalau saya sih emang ga suka daging2an hehehe. Tapi yang masalah garam tuh masih susah gimana ngaturnya, soalnya tinggal dikosan bareng teman2 dan masaknya juga barengan…..hmm jadi gabisa ngatur sendiri.

    Trus gorengan juga tuh 🙁 tapi mau gimana, itu yg paling mudah hehe.

    Tapinya lagi, ya namanya juga demi kesehatan, pasti harus berusaha xD

    Reply
    • Zeilla Mutia Devi
      October 2, 2017 at 10:09 am (4 years ago)

      Hallo Zahrah,
      Mungkin bisa kamu yang jadi chef-nya haha. Tapi, agak sulit sih karena gak boleh egois juga kalau makannya untuk sharing.

      Haha, iya gorengan tuh parah sih. Kayanya semua orang suka makanan yang di goreng-goreng karena lebih kriuk.

      Semangat mencoba ya! 🙂

      Reply

11Pingbacks & Trackbacks on CLEAN EATING FOR BEGINNERS

  1. […] Baca juga: Clean Eating for Beginners […]

  2. […] memperhatikan gizi dan asupan yang dibutuhkan tubuh. Rutinitas tersebut sudah pernah aku ceritakan di sini. Salah satunya adalah mulai mengonsumsi camilan sehat seperti fruit bar. Nah, kebetulan sekali […]

  3. […] Baca juga: Clean Eating for Beginners […]

  4. […] Baca juga: Clean Eating For Beginners […]

  5. […] Baca juga: Clean Eating for Beginners […]

  6. […] Baca juga: Clean Eating for Beginners […]

  7. […] Baca juga: Clean Eating for Beginners […]

  8. […] Baca juga: Clean Eating for Beginners […]

  9. […] Baca juga: Clean Eating for Beginners […]

  10. […] Baca juga: Clean Eating for Beginners […]

  11. […] Baca juga: Clean Eating for Begginer […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment *