Zeilla Mutia Devi

VASELINE PETROLEUM JELLY UNTUK WAJAH, BAGAIMANA CARA PAKAI YANG TEPAT?

/

Bisa dibilang kalau Vaseline Petroleum Jelly (VPJ) adalah produk paling terkenal sekaligus paling laris di antara varian Vaseline lainnya. Produk ini sudah lama hadir tapi sampai sekarang penggunaannya masih menuai pro kontra. Bahan dasar Vaseline Petroleum Jelly yang berasal dari 100% petroleum jelly murni yang dicampur dengan berbagai minyak mineral dan lilin menjadi salah satu keraguan banyak orang menggunakan produk ini sebagai perawatan wajah.

Sebab pada awalnya petroleum jelly adalah limbah hasil pengeboran minyak bumi. Sebagaimana sifat limbah yang harusnya dibuang, petroleum jelly justru digunakan sebagai penyembuhan luka bakar bagi para penambang minyak di Pennsylvania. Temuan ini pun disempurnakan selama lima tahun oleh Robert Augustus Chesebrough, seorang ahli kimia berkebangsaan Inggris. Chesebrough melakukan Tiga Tahap Pemurnian (Triple Purification) pada Vaseline. Jelly tersebut disaring dan disuling sampai bersih untuk mengeluarkan buih-buih udara guna memastikan setiap jelly benar-benar murni.

Baca juga: Launching SNP Prep Peptaronic

Tapi, ketika diketik pada mesin pencari masih banyak artikel yang melarang penggunaan Vaseline di wajah. Memang Vaseline Petroleum Jelly lazimnya digunakan pada area kulit kering seperti bibir pecah-pecah, sikut dan tumit. Jarang ada yang menggunakan Vaseline Petroleum Jelly pada area wajah. Bukan tidak boleh tapi memang terkesan tidak biasa sebab banyak pro kontra soal ini. Teksturnya yang cukup berat dan tebal membuat beberapa orang takut kalau Vaseline Petroleum Jelly ini akan menyumbat pori sehingga memicu komedo bahkan jerawat.

Apakah VPJ Menyumbat Pori?
Rumor yang beredar adalah Vaseline Petroleum Jelly menyebakan pori tersumbat (clogged pore) jika digunakan pada area wajah. Molekulnya yang besar dianggap tidak bisa masuk secara sempurna ke dalam kulit. Padahal Vaseline Petroleum Jelly sudah dinyatakan sebagai produk non-comedogenic yang artinya tidak akan menyumbat pori. Teksturnya yang thick dan sifatnya yang oklusif justru membuat Vaseline Petroleum Jelly mampu “mengunci” kelembaban yang sudah ada di dalam kulit dan membuat lapisan di atas permukaan kulit guna mencegah water loss secara efektif hingga 98%.

Baca juga: Aveeno Body Lotion Untuk Kulit Kering dan Gatal

Apakah VPJ Menyebabkan Jerawat?
Karena sudah dinyatakan sebagai produk non-comedogenic Vaseline Petroleum Jelly tidak akan menyebabkan jerawat. Jerawat dipicu oleh bakteri yang terjebak di dalam pori bersama dengan minyak dan umumnya akan berubah menjadi infeksi dan inflamasi. Jika wajah ditumbuhi jerawat saat sedang menggunakan Vaseline Petroleum Jelly maka kemungkinan besar bakteri jerawat lah yang memicu. Oleh sebab itu penting untuk membersihkan wajah dengan cara yang tepat sebelum dan sesudah menggunakan VPJ.

Bagaimana Cara Pakai VPJ Yang Tepat?
Hampir satu bulan ini aku mencoba menggunakan VPJ pada area wajah. Awalnya, aku hanya menggunakan di area mengelupas tepatnya di bawah telinga. Kondisi saat itu benar-benar kering dan megelupas, gak perih sih tapi mengganggu banget kala dipegang. Aku oles VPJ pada malam hari dan kaget sama hasilnya karena di pagi hari kondisi pada spot itu benar-benar sudah membaik seperti kulit normal. Sebelumnya aku sudah coba pakai Dr.Jart Cicapair Cream tapi berhari-hari gak ada perubahan padahal biasanya ampuh banget untuk kulit kering yang bermasalah.

Baca juga: Battle of Aloe Vera Gel, Always 21 VS The Saem

Nah, semenjak itu aku jadi makin sok tau dan penasaran sama khasiat VPJ. Selama ini selalu dengar kalau VPJ gak boleh dipakai di area wajah tapi karena aku penasaran, yaudah aku coba deh. Malam hari aku pakai VPJ di step terakhir secara tipis-tipis ke seluruh wajah intinya a liitle goes a long way. Awalnya hanya seminggu 3x untuk lihat perubahan, setelah dirasa aman akhirnya sekarang jadi setiap malam. Hasilnya, wajah ku yang beberapa waktu lalu sempat kemarau sekarang kembali normal, gak ada lagi yang mengelupas. Tapi, masih ada beberapa spot yang kering seperti di area pelipis dan jawline akibat obat jerawat.

Baca juga: Glowing Pede Tanpa Make up Dengan Garnier Sakura White

Sekalian aku oles VPJ ini di area bawah mata, hasilnya jadi plumpy banget dan gak creasing lagi kalau pakai concealer. Dari sumber yang ku baca bahkan seorang Marilyn Monroe menyebut VPJ sebagai rahasia kecantikannya. Make Up Artist-nya membocorkan kalau Monroe gemar menggunakan VPJ sebagai moisturizer dan highlighterDuh, kemana aja gue kalau produk semurah ini ternyata banyak khasiatnya.

Tapi, aku gak pernah pakai ini di siang hari karena rasanya agak terlalu greasy dan berat kalau dijadikan moisturizer sehari-hari. Cukup di malam hari itu pun betul-betul tipisssssss banget, di tap-tap aja. Kalau kamu masih ragu, coba pakai di area bermasalah (spot treatment) ya jangan pakai di seluruh wajah dulu. Kalau dirasa cocok baru deh coba di seluruh wajah di step akhir itu pun jangan setiap malam dulu, mainin intensitasnya.

Baca juga: Casmara Purifying Algae Peel-Off Mask Review

Menggunakan VPJ di urutan terakhir pada night skincare routine berguna untuk mengunci kelembaban kulit sepanjang malam supaya skincare yang sudah kamu tumpuk-tumpuk itu (skincare layering) tetap terjaga. Selain “mengunci” kelembaban, banyak yang merasakan kalau VPJ ini berkhasiat menyamarkan noda bekas jerawat. Sejujurnya aku melihat perubahan pada noda bekas jerawat tapi aku kurang yakin apa itu karena VPJ atau bukan karena aku juga menggunakan skincare dengan kandungan AHA.

Baca juga: Review Cosrx AHA/BHA Clarifying Toner

Tapi, intinya aku menyadari kalau produk sekecil dan semurah ini ternyata menyimpan manfaat segudang. Sekarang gak terbatas di area wajah dan kulit kering, aku juga pakai ini di beberapa area kulit yang luka akibat goresan karena aku sering banget lecet-lecet, alhasil lukanya jadi cepat sembuh. Aku beli ini udah lama saat aku mudik lebaran tahun lalu di minimarket seharga Rp27.000.

Kamu udah punya belum?

Disclaimer: This review is not sponsored. Everything expressed here are truly honest and based on my experience with a product. What works on me, may not work for you.

20 Comments on VASELINE PETROLEUM JELLY UNTUK WAJAH, BAGAIMANA CARA PAKAI YANG TEPAT?

  1. Ursula Meta Rosarini II
    February 14, 2018 at 4:46 pm (3 years ago)

    wahhhh, banyak banget ternyata ya manfaatnya,
    aku pakai cuma buat melembabkan bibir sama buat percobaan DIY lip balm warna doang, hahahaha, mubazir banget, thanks for sharing.

    Reply
    • Zeilla Mutia Devi
      February 19, 2018 at 8:10 am (3 years ago)

      Iya mba, tapi kalau mau coba note cara ku di atas tadi ya soalnya kalo terlalu sering dan agresif kulitnya bisa jadi malah iritasi hehe.

      Reply
  2. Maya Siswadi
    February 20, 2018 at 4:17 pm (3 years ago)

    hm, oke juga ya ini vpj buat dipakai di malam hari, bisa jadi night cream kah?

    Reply
    • Zeilla Mutia Devi
      February 24, 2018 at 11:50 am (3 years ago)

      Untuk night cream aku sih gak rekomen mba hihi karena ini basic nya adalah repair jelly.
      Jadi, memang khusus buat kulit yang lagi ada masalah seperti kering, mengelupas atau pecah-pecah.
      Sewaktu lagi kering aku sih rutin pakai. Tapi, setelah mendingan aku kurangin intesitasnya :p

      Reply
  3. April Hamsa
    February 21, 2018 at 9:55 am (3 years ago)

    Baru tau ada vaseline yang buat wajah. Jd fungsinya kyk pelembab gtu ya mbak 😀
    TFS

    Reply
    • Zeilla Mutia Devi
      February 24, 2018 at 11:53 am (3 years ago)

      Iya Mba April, seperti pelembab tapi punya fungsi memperbaiki tekstur kulit kering dan flaky 🙂

      Reply
  4. Rach Alida Bahaweres
    February 21, 2018 at 10:45 am (3 years ago)

    Aku belum nyoba vaseline yang ini mba. Andalanku masih Vaseline yang aku beli saat umroh. Tapi emang sama ya kualitasnya emang bagus banget. andalan 🙂

    Reply
    • Zeilla Mutia Devi
      February 24, 2018 at 11:54 am (3 years ago)

      Wah aku pernah baca review VPJ yang made in Arab emg katanya bagus banget sih ya mba. Cuma aku belum pernah coba sendiri sih hihi. Mungkin next time kalau ini udh abis :p

      Reply
  5. Lendy Kurnia Reny
    February 22, 2018 at 2:28 am (3 years ago)

    Ini produk yang sering dibawa saat hajiyaa, mba?
    Katanya ampuh mengatasi kulit kering akibat cuaca ekstrim ((dari tropis ke kering)).

    Mantap yaa…

    Reply
    • Zeilla Mutia Devi
      February 24, 2018 at 12:00 pm (3 years ago)

      Sering denger sih mba tapi banyak yang pakai versi made in Arab-nya dan katanya memang ampuhh. Sayangnya yg aku punya ini beda hihi.

      Reply
  6. Helena Safitri
    February 23, 2018 at 1:14 am (3 years ago)

    Ah jadi ternyata melembabkan dengan cepat tapi pakainya tipisss aja ya. Nice try!

    Reply
    • Zeilla Mutia Devi
      February 24, 2018 at 12:02 pm (3 years ago)

      Betul Mba Helena, tipissssss banget karena teksturnya heavy 🙂

      Reply
  7. Zeilla Mutia Devi
    February 24, 2018 at 11:56 am (3 years ago)

    Betul mba, kulit ku yang flaky udah kembali normal karena pakai ini 🙂

    Reply

7Pingbacks & Trackbacks on VASELINE PETROLEUM JELLY UNTUK WAJAH, BAGAIMANA CARA PAKAI YANG TEPAT?

  1. […] Baca juga: Vaseline Petroleum Jelly Untuk Wajah? […]

  2. […] Baca juga: Vaseline Petroleum Jelly Untuk Wajah? […]

  3. […] Baca juga: Vaseline Petroleum Jelly Untuk Wajah? […]

  4. […] Baca juga: Vaseline Petroleum Jelly Untuk Wajah? […]

  5. […] Baca juga: Vaseline Petroleum Jelly Untuk Wajah? […]

  6. […] Baca juga: Cara Pakai Vaseline Jelly untuk Wajah dengan Tepat […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment *